Sukses

Ditusuk Bagian Wajah, 1 Brimob Korban Penusukan Jalani Operasi

Dua anggota Brimob korban penusukan saat ini mendapat perawatan di RS Kramat Jati setelah dibawa ke RS Pusat Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjen M Iriawan menyatakan kondisi dua anggota Brimob yang menjadi korban penusukan di Masjid Falatehan kawasan Trunojoyo, Jakarta Selatan, pada Jumat malam dalam kondisi stabil dan sadar.

Kedua korban saat ini mendapat perawatan di RS Kramat Jati setelah dibawa ke RS Pusat Pertamina.

"Anggota Brimob kondisinya stabil. Sekarang sedang di RS Kramat Jati, sudah dipindahkan dari RS Pusat Pertamina karena penanganan RS Kramat Jati juga sudah luar biasa canggih dan bagus. Stabil artinya sadar," ujar Iriawan di kawasan Masjid Faletehan, Jumat, 30 Juni 2017.

Dia mengatakan, salah satu korban akan menjalani operasi akibat tusukan pisau sangkur yang dilakukan oleh orang yang tidak dikenal usai salat Isya.

"Memang ada luka di pipi sebelah kanan yang satu yang AKP cukup robek, yang satu lagi yang Briptu ada tusukan tadi. Sekarang sedang akan dioperasi jam 01.00 WIB nanti, setelah enam jam dari makan malam terakhir," tuturnya.

Dia mengatakan dapat berkomunikasi dengan korban. Namun, para korban masih dalam penanganan pihak rumah sakit.

"Yang jelas sudah ditangani penanganan pertama, (korban) sadar bisa bicara. Daya bisa bicara sama dia. Dia hafal betul apa yang terjadi lain sebagainya," kata Iriawan.

Dia menuturkan, pihaknya terpaksa melakukan tindakan tegas dengan menembak pelaku karena pelaku yang lari keluar masjid dapat membahayakan masyarakat sekitar dan anggota kepolisian.

"Setelah dilakukan pengejaran, supaya (pelaku) berhenti, malah balik menyerang anggota kami anggota Brimob. Terpaksa kita lakukan pelumpuhan," ujar mantan Kapolda Jawa Barat itu.

Dia mengatakan pihaknya telah memberikan tembakan peringatan, tapi tidak diindahkan pelaku.

"Peringatan juga tidak digubris, malah akan menyerang kembali. Kita tembak meninggal dunia. Sekarang sedang didalami oleh tim gabungan dari densus, Polda Metro semuanya untuk mengungkap identitas (pelaku) bersangkutan," tutur Iriawan.

Dia mengatakan pihaknya memang menemukan KTP, tapi masih perlu dilakukan pendalaman untuk mengungkap identitas pelaku.

"Belum pasti sama dengan yang ada di badannya dengan identitas yang bersangkutan. Sementara kita identifikasi, kita perlu dalami, kita perlu cek alamat yang bersangkutan," ucap dia.

Iriawan mengatakan pihaknya juga sedang memeriksa tas ransel yang mencurigakan yang didapatkan di dalam masjid. Tas ransel itu setidaknya berisikan kabel.

"Ada ketinggalan tas kecil di dalam masjid," katanya.

Dia menyayangkan kejadian penyerangan terhadap anggota kepolisian itu, apalagi terjadi di dalam masjid usai menunaikan salat.

Dia mengatakan pelaku ikut salat bersama dua anggota Brimob yang menjadi korban penusukan. Penusukan terjadi usai shalat Isya sekitar pukul 19.40 WIB.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.