Sukses

Melihat Keakraban Jokowi - Obama dari Secangkir Teh dan Bakso

Obama seperti 'pulang kampung' saat pertama kali datang ke Indonesia setelah tak jadi presiden.

Liputan6.com, Bogor - Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama memenuhi undangan makan bersama dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dari pertemuan ini, terlihat keduanya begitu akrab.

Obama seperti "pulang kampung" saat pertama kali datang ke Indonesia setelah tak jadi presiden. Selain untuk mengisi acara diaspora di Jakarta, Obama juga menyempatkan berlibur di Indonesia.

Mengetahui hal itu, Jokowi langsung mengundang Obama untuk mampir sejenak ke Istana Bogor guna makan bersama. Obama akhirnya datang pada Jumat (30/6/2017) sekitar pukul 15.25 WIB.

Presiden AS ke-44, Barack Obama ditemani Presiden Jokowi melambaikan tangan saat menaiki mobil golf di Istana Bogor, Jumat (30/6). Jokowi mengendarai golf car untuk mengajak Obama berkeliling Istana dan Kebun Raya Bogor.  (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi menyambut langsung kedatangan Obama di halaman Gedung Induk Istana Bogor. Setelah bersalaman, keduanya tampak saling merangkul. Setelah itu, Obama menyalami Iriana dan putra Jokowi, Kaesang Pangarep, yang turut menyambut kedatangannya.

Pria bertubuh kurus itu mengajak Obama ke dalam Istana. Senyum seakan tak pernah hilang dari wajah keduanya. Obama bahkan sempat melambaikan tangan ke arah awak media sebelum menyusuri tangga istana.

Setelah mengisi buku tamu, Jokowi mengajak Obama ke beranda belakang Istana untuk melakukan Veranda Talk. Tak diketahui pembicaraan Jokowi dan Obama di beranda. Keduanya tampak menikmati pemandangan Kebun Raya Bogor yang ada tepat di hadapan mereka.

Jokowi dan Obama lalu berjalan menuju golf car. Obama naik lebih dulu di sisi kanan dan Jokowi menyusul duduk di kursi sopir di sebelah kiri. Sebelum jalan, tangan kiri Obama sempat menepuk pundak Jokowi dua kali.

Jokowi menjadi sopir Barack Obama kali itu dari Istana Bogor sampai ke Grand Garden tempat mereka makan. Lagi-lagi senyum dan tawa keduanya terus terlihat sepanjang perjalanan.

Obrolan dilanjutkan di halaman restoran. Jajanan pasar, seperti onde-onde, talam ubi, kue mangkok, dan panada cakalang. Termasuk secangkir teh hangat.

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Presiden AS ke-44, Barack Obama di Kebun Raya Bogor menuju Grand Garden, Bogor, Jumat (29/6). Jokowi mengajak Obama berkeliling Kebun Raya untuk berbincang santai di Grand Garden. (liputan6.com/Angga Yuniar)

Baru 10 menit berbincang, hujan deras turun. Jokowi dan Obama pindah ke ruangan terbuka di dalam restoran. Atap yang menaungi ruangan itu membuat keduanya tetap bisa berbincang sambil menikmati alam Kebun Raya Bogor tanpa khawatir kehujanan.

Teh hangat tetap tersedia. Kali ini semangkuk bakso kuah menemani Jokowi dan Obama berbincang. Sekitar 20 menit mereka ngobrol saat itu. Lebih lama dari yang dijadwalkan.

"Dijadwalkan 16.15 WIB meninggalkan Grand Garden. Tapi karena pembicaraan cukup hangat, cukup akrab, jadi baru meninggalkan lokasi pukul 16.28 WIB," kata Kepala Biro Pers Media dan Infomasi Istana Kepresidenan Bey Machmudin di Istana Bogor, Jawa Barat.

Suasana hujan tampaknya membuat Obama begitu menikmati bakso kuah yang dihidangkan. Barack Obama bahkan menghabiskan bakso itu.

"Bapak Obama menghabiskan bakso yang disediakan," ucap dia.


Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.