Sukses

Jamuan Hangat nan Sederhana Jokowi untuk Obama

Liputan6.com, Jakarta - Kota Bogor mendadak riuh pada Jumat 30 Juni 2017 sore. Warga Kota Hujan itu ramai berkumpul di sekitar pintu utama Istana Bogor, Jawa Barat. Mereka datang secara bertahap untuk melihat kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Istana Bogor.

Presiden Joko Widodo memang mengundang Obama ke Istana Bogor jauh hari setelah mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu datang untuk berlibur di Indonesia.

Iring-iringan belasan mobil yang membawa Obama terlihat memasuki kawasan Istana Bogor sekitar pukul 15.30 WIB.

Rombongan yang mendapat pengawalan ketat itu langsung disambut Presiden Joko Widodo atau Jokowi di depan tangga Istana. Turut menyambut Obama, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Kaesang Pangarep. Rombongan kemudian langsung masuk ke dalam Istana Bogor.

Tidak ada persiapan khusus yang terlihat di Istana Bogor. Upacara penyambutan, barisan siswa, dan pasukan Nusantara pun tak ada.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (30/6/2017), Jokowi terlihat santai dalam menyambut Barack Obama. Pria bertubuh kurus itu mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana bahan hitam.

Dia keluar menuju halaman depan Gedung Induk Istana Bogor bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sang putra Kaesang Pangarep.

Tampilan sederhana juga ditunjukkan Kaesang. Dia mengenakan kemeja putih dengan celana coklat. Kali ini, kemejanya dimasukkan ke dalam celana.

Iriana justru tampil lebih formal. Dia mengenakan kebaya kutu baru bernuansa merah dengan kain batik berwarna senada.

Obama juga tidak kalah santai. Ketika turun daru SUV hitam, terlihat Obama hanya mengenakan kemeja biru muda dengan celana panjang hitam. Lengan kemeja juga dilipat seperti Jokowi dan Kaesang.

Obama dan Jokowi langsung bersalaman dan saling rangkul ketika bertemu. Senyum semringah juga terlihat dari keduanya.

Setelah itu, Obama menyalami Iriana dan Kaesang. Obama kemudian berbincang sejenak dengan Kaesang.

Sampai saat ini, belum diketahui apa saja yang dibicarakan keduanya. Pada akhir perbincangan, Obama memberikan salam jempol kepada Kaesang.

Suasana kunjungan kali ini juga tidak begitu tegang. Tidak tampak pengamanan yang terlalu ketat sejak Barack Obama tiba di Istana Bogor. Baik Obama maupun Jokowi juga sangat leluasan berbincang dan melakukan kegiatan.

1 dari 4 halaman

Senyum Semringah Jokowi

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden AS ke-44, Barack Obama menaiki mobil golf di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6). Jokowi mengendarai golf car untuk mengajak Obama berkeliling Istana dan Kebun Raya Bogor.  (Liputan6.com/Angga Yuniar)

 

Setelah berbincang santai, Jokowi mengajak Obama masuk ke dalam gedung induk Istana Bogor untuk mengisi buku tamu. Mereka kemudian berjalan menuju beranda di belakang Istana.

Jokowi, Obama, dan Iriana mengobrol sejenak sambil menikmati hamparan alam khas Kebun Raya Bogor yang berada tepat di hadapan mereka. Hanya 5 menit mereka berbincang, Jokowi langsung mengajak Obama menuju golf car.

Obama duduk lebih dulu di sisi kanan. Jokowi menyusul duduk di sisi kiri mobil listrik itu. Jokowi mengambil posisi sebagai sopir.

Beberapa saat kemudian, Jokowi memacu mobil listrik itu menuju kawasan Kebun Raya Bogor. Senyum tak lepas dari wajah Jokowi sejak Obama tiba. Termasuk saat Jokowi menyopiri Obama dari Istana Bogor menuju Grand Garden, lokasi keduanya santap bersama.

Namun, peristiwa tak terduga terjadi saat Jokowi santap bersama dengan Obama. Hujan yang mengguyur kawasan Kebun Raya Bogor membuat keduanya berpindah tempat makan.

Obama menumpangi mobil golf yang disopiri Jokowi menuju Grand Garden, tempat keduanya santap bersama. Jokowi dan Obama juga sempat berjalan kaki sejauh 100 meter dari pinggir jalan sampai ke meja makan.

Semula, Jokowi dan Obama duduk di halaman depan restoran. Keduanya langsung terlihat berbincang ketika sampai di sana.

Baru 10 menit berbincang, hujan mulai turun cukup deras. Jokowi dan Obama berpindah ke dalam restoran untuk melanjutkan perbincangan.

"Saat ngobrol baru 10 menit hujan turun. Mereka menuju ke dalam," kata Kepala Biro Pers Media dan Informasi Istana Kepresidenan, Bey Machmudin.

Setelah Jokowi dan Barack Obama beranjak ke dalam restoran, Iriana dan Kaesang yang sedari awal mendampingi pun ikut masuk.

Jokowi tampaknya ingin mengajak Obama menikmati suasana alam terbuka di Bogor. Ketika berpindah ke dalam restoran, ruangan yang digunakan pun ruangan terbuka yang beratap.

"Ruangan agak terbuka tapi atasnya tertutup," imbuh dia.

 

2 dari 4 halaman

Sajian Sederhana

 

Presiden Joko Widodo dan Presiden AS ke-44, Barack Obama saat berada di Kebun Raya Bogor menuju Grand Garden, Bogor, Jumat (29/6). Jokowi mengajak Obama berkeliling Kebun Raya untuk berbincang santai di Grand Garden. (liputan6.com/Angga Yuniar)

 

Barack Obama dikenal suka dengan beberapa makanan Indonesia. Sebut saja, nasi goreng, bakso, dan satai. Makanan ini juga disediakan saat Obama santap sore bersama dengan Jokowi.

Jokowi dan Obama mengawali makan bersama dengan menyantap beberapa jajanan pasar yang disediakan. Jajanan pasar yang disediakan adalah onde-onde, talam ubi, kue mangkuk, dan panada cakalang. Tak lupa secangkir teh hangat juga tersedia di meja.

Tak lama setelah duduk, hidangan lainnya langsung disediakan. Kali ini bakso kuah disajikan untuk Obama dan Jokowi.

"Bapak Obama menghabiskan bakso yang disediakan," kata Bey.

Jokowi dan Obama terlibat perbincangan yang cukup hangat. Keduanya berbincang sekitar 20 menit lamanya. Sampai akhirnya Obama meninggalkan kawasan Kebun Raya Bogor dan kembali ke Jakarta.

3 dari 4 halaman

Napak Tilas Obama

 

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama saat memasuki kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta, Kamis (29/6). Barack Obama beserta keluarga berlibur dan mengunjungi sejumlah tempat di Yogyakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

 

Sebelum ke Jakarta dan Bogor untuk bertemu dengan Presiden Jokowi, dari Amerika Obama langsung menuju Bali. Mantan orang nomor negeri Paman Sam tersebut telah mendarat di Bali pada Jumat 23 Juni 2017 pukul 18.52 Wita dengan Pesawat jet carter Gulfstream N50JE.

Kehadiran Obama di Bali tak hanya ditemani oleh istrinya, Michelle Obama. Dia membawa serta keluarga dan 14 orang rombongan dari Amerika.

Mereka yang masuk dalam daftar rombongan Obama adalah Michelle Obama, Natasha Marian Obama, Malia Ann Obama, Alex David Arevalo, Anita Breckenridge, Chynna Yrome Dywris Clyton, Gar-Yeu Ng Konrad, Katina Latrelle Hoyles, Ng Suhaila Kala Nai-La, Joshua David Pruett, Maya Kasandra Soetoro, Allen Antonio Taylor, dan Ng Savita Lola Yan Song.

Selain itu, Obama juga mengajak saudari tirinya, yakni Maya Soetoro dan keluarganya serta beberapa orang pengawal.

Di Bali, Obama mengunjungi beberapa lokasi wisata seperti Pura Tirta Empul, serta rafting di Sungai Ayung Bali.

Setelah di Bali, Obama lansung terbang ke Yogyakarta. Di sinilah dia merekam kembali jejaknya saat dia masih kecil.

Presiden ke-44 AS itu mendarat di Kota Gudeg dengan pesawat jet Gulfstream N50JE Rabu sekitar pukul 12.30 WIB.

Barry, panggilan Barack Obama waktu kecil, sering berkunjung ke Yogyakarta saat libur panjang menggunakan kereta api dari Jakarta.

Barry biasa berkunjung ke rumah paman tirinya Prof Dr Iman Sutiknjo, Dekan Fisipol UGM di Bulaksumur, Blok D7, Caturtunggal, Depok, Sleman. Istri Dr Iman Sutiknjo merupakan kakak dari Dr Soetoro yang tidak lain adalah ayah tiri Barack Obama.

Saat di Yogyakarta, Obama mengunjungi Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah pada Rabu sore, 28 Juni 2017.

Kedatangan Obama ke Candi Borobudur menyebabkan pengamanan di sekitar komplek candi mendapat pengamanan yang ketat. Sejumlah petugas polisi dari satuan Brimob dengan senjata laras panjang tampak berjaga di sekitar pintu masuk candi.

Selain Candi Borobudur, Obama juga mengunjungi Candi Prambanan dan Bukit Becici. Di sana, dia terpesona dengan keindahan alam Indonesia.

 

Artikel Selanjutnya
JK Sebut Pertemuan SBY - Prabowo untuk Cari Teman
Artikel Selanjutnya
Nasi Goreng Hambalang Pecah Tawa Pertemuan SBY dan Prabowo