Sukses

Kapolda Metro Minta Truk Mulai Beroperasi pada H+8

Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengeluhkan masuknya sejumlah truk ke jalur Tol Jakarta-Cikampek mulai hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengeluhkan masuknya sejumlah truk ke jalur tol Jakarta-Cikampek mulai hari ini. Padahal, truk dan mobil muatan besar lainnya telah diimbau agar mulai beroperasi pada H+8 Lebaran atau pada Senin 3 Juli 2017.

"Kok sudah beroperasi, kan sudah ada imbauannya sampai tanggal 3 (Juli)," ujar Iriawan saat meninjau arus balik di Gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jumat (30/6/2017).

Iriawan lantas memerintahkan jajarannya, terutama dari Ditlantas Polda Metro Jaya agar menangani permasalahan tersebut. Truk diharapkan baru beroperasi pada waktu yang ditentukan.

"Coba nanti dikoordinasikan lagi, truk H+8 baru beroperasi," kata dia.

Jenderal bintang dua itu menilai, truk merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan. Selain lamban karena bermuatan besar, truk juga dianggap banyak memakan badan jalan.

"Itu truk kan makan badan jalan. Kami akan komunikasikan, ini kan menghambat," ucap Iriawan.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengeluarkan surat imbauan kepada truk dan kendaraan besar lain untuk tidak beroperasi sampai tanggal 3 Juli 2017.

Sementara berdasarkan pantauan di lokasi, beberapa truk terlihat sudah melintasi tol Jakarta-Cikampek. Kendati, arus balik di Gerbang Tol Cikarang Utama sejauh ini terpantau ramai lancar.


Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.