Sukses

Alasan Barack Obama Plesiran ke Yogyakarta

Barack Obama dijadwalkan akan berkunjung ke sebuah rumah yang jadi saksi saat Obama kecil di Yogyakarta.

Liputan6SCTV, Yogyakarta - Yogyakarta, sebuah kota yang tak asing lagi bagi Barack Obama. Kedatangannya ke Kota Gudeg, memenuhi hasrat nostalgia masa kecil Presiden Amerika Serikat ke-44 ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (29/6/2017), pilihan Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama berlibur ke Yogyakarta, bukan tanpa alasan. Obama kecil pernah memiliki kenangan di sini.

Pada 1967 hingga 1971, Obama pernah menimba ilmu di SD Negeri menteng 01 Jakarta, dan masa liburan sekolah hampir selalu dihabiskan di Yogyakarta.

Di sini, Obama menginap di kediaman pamannya, Profesor Iman Sutiknjo, sebuah rumah putih berarsitektur Eropa kuno, yang berlokasi di Kompleks Perumahan Dosen UGM, Jalan Bulaksumur Blok D7, Caturtunggal, Depok, Sleman. Istri Iman adalah kakak dari Doktor Soetoro, ayah tiri Obama.

Obama dan adiknya diceritakan senang sekali berlibur di Yogyakarta, bersama sang nenek, yang selalu memanjakan mereka.

Hingga saat ini, bangunan rumah D7 masih dipertahankan sebagaimana bentuk aslinya. Ruangan yang dulu dipakai oleh Obama kecil dan keluarga diberi nama ruang “Barry”, yang merupakan panggilan akrab Barack Obama.

Di sini masih tersimpan rapi barang-barang yang menjadi kenangan Obama, seperti sebuah ranjang kayu dan foto-foto Obama kecil.

Ruang keluarga di bagian tengah rumah, telah berubah menjadi museum. Namun jika melangkah ke belakang, kita masih bisa menemukan dapur, yang dulu digunakan ibunda Obama, Ann Dunham, untuk memasak.

Rumah ini menjadi saksi keceriaan Obama kecil bersama keluarga. Bila jadi singgah, tentunya akan membangkitkan nostalgia masa kecil bagi Barack Obama.