Sukses

Obama Teringat Masa Kecil saat di Candi Prambanan

Saat berkunjung ke Candi Prambanan, Obama mengaku masih berumur kuang lebih 10 tahun.

Liputan6.com, Yogyakarta - Berwisata di Candi Prambanan, Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama mengingat kembali masa kecilnya. Dahulu Obama kecil pernah berkunjung ke candi tersebut.

Pemandu Obama selama di Candi Prambanan, Manggarsari Ayuwati mengatakan Obama teringat saat kecil pernah datang ke candi Prambanan. Namun waktu itu beberapa bagian candi Prambanan tidak seperti saat ini. Mantan Presiden AS itu bahkan teringat jika Prambanan masih belum terbentuk bagus seperti saat ini.

"Obama sempat bilang kondisinya belum seperti ini. Saat itu Candi Prambanan masih berupa tumpukan dan serakan batu-batu," ujar Manggarsari, Kamis (29/6/2017).

Manggarsari mengatakan, saat berkunjung ke candi, Obama mengaku masih berumur kurang lebih 10 tahun. Hal itu diketahui saat Obama menunjuk seorang anak di sekitar lokasi yang juga berwisata di Candi Prambanan.

"Saya dulu waktu ke Prambanan seusia anak itu, bilang gitu sambil menunjuk seorang anak kecil yang diperkirakan seusia dengannya saat berwisata ke Candi Prambanan dulu," ujar Manggarsari.

Obama juga mengingat saat di Candi Prambanan dulu ada fragmen cerita tokoh Anoman atau kera putih. Dia juga langsung menanyakan tokoh Anoman di dalam pembangunan Candi Prambanan.

"Saat masuk ke Candi Siwa dan melihat relief Ramayana di adegan pasukan kera sedang membangun jembatan, Obama sempat bertanya apakah itu Anoman atau bukan. Saya bilang itu bukan Anoman. Anoman masih di sana (bagian lain relief). Kemudian saat tiba di relief Anoman yang sedang membakar kerajaan Alengka, saya tunjukkan pada Obama," ujar Manggarsari.

  

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.