Sukses

Obama Ketagihan Mi Lethek di Bantul

Menurut Iskandar, pilihan untuk makan siang di Bumi Langit atas usul Michelle Obama dan adik Obama yang bernama Maya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama ketagihan mi lethek, menu tradisional dari Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mantan orang nomor satu di AS  itu terlihat berulang kali mengambil menu yang terbuat dari tepung tapioka dan singkong di meja prasmanan Bumi Langit Bantul.

Selain mi lethek ada pula urap bali, sop ikan gurami, minuman fermentasi bernama kamboja, dan menu lainnya.

Bumi Langit merupakan tempat makan yang terletak di Jalan Imogiri-Mangunan, Bantul. Tempat itu menjadi pilihan Barack Obama dan keluarganya untuk santap siang seusai berwisata ke Puncak Becici.

Menu yang disajikan oleh Bumi Langit berkonsep masakan sehat dan natural. Dari proses penanaman bahan baku sampai penyajian mengusung bahan organik dan tanpa pengawet. Salah satunya, mi lethek yang berwarna pucat karena tanpa pewarna dan pengawet buatan.

"Dari semua menu yang disajikan, Obama paling sering bolak-balik ke meja mi lethek yang bahannya kami ambil dari Srandakan Bantul," ujar Iskandar Waworuntu, pemilik Bumi Langit, Kamis (29/6/2017).

Ia mengatakan, kedatangan Obama dan keluarga mendadak karena baru diberitahu akan datang untuk makan siang pada pukul 08.00 WIB. Bahkan Iskandar sempat terkejut ketika rombongan petugas keamanan datang ke rumahnya secara tiba-tiba untuk memberitahu Obama akan makan siang di Bumi Langit.

"Saya kira mau nangkap saya karena jenggot saya panjang," ucap dia berkelakar.

Menurut Iskandar, pilihan untuk makan siang di Bumi Langit atas usul Michelle Obama dan adik Obama yang bernama Maya.

Sewaktu masih persiapan menuju Indonesia dari Amerika Serikat, rombongan Barack Obama direkomendasikan untuk mampir ke Bumi Langit saat di Yogyakarta.

Harga makanan di Bumi Langit mulai dari Rp 20.000-Rp 50.000. Untuk paket prasmanan sekitar Rp 40.000 per orang.

"Obama menghabiskan sekitar Rp 4 juta, tidak terlalu mahal untuk ukuran dia," kata Iskandar.



Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:



 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.