Sukses

1 Jam di Candi Prambanan, Ini yang Dilakukan Obama

Mengenakan kaus berkerah warna biru dengan paduan celana panjang krem, Obama menjelajahi Candi Prambanan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama mengunjungi Candi Prambanan bersama dengan keluarganya. Selama satu jam, Obama mengunjungi empat buah candi, yaitu Candi Siwa, Candi Wisnu, Candi Nandi, dan Candi Brahma.

Pemandu Barack Obama di Candi Prambanan, Manggarsari Ayuwati mengatakan, dari keempat Candi itu Obama paling lama berada di Candi Siwa. Dia berada di sekitar candi ini lebih dari 15 menit berkeliling.

"Ya melihat Candi Siwa. Selain itu melihat relief di Candi Siwa juga. Candi Siwa, candi paling besar di Candi Prambanan sehingga wajar jika Obama paling lama di sana," ungkap Manggarsari, Kamis (29/6/2017).

Berkaus berkerah warna biru dengan paduan celana panjang krem, Obama terlihat sangat mengagumi cara penyusunan Candi Prambanan. Dia juga sempat melihat bagaimana cara menyusun candi.

Manggarsari pun juga menunjukkan simulasi cara menyusun batu candi kepada Obama.

"Saya jelaskan bahwa batu-batu yang ditemukan berceceran kemudian dicari pasangannya. Setelah ketemu pasangannya baru kemudian disusun," jelas Manggarsari.

Manggarsari menjelaskan bahwa Barack Obama juga bertanya tentang fungsi candi apa saja. Ia juga menjelaskan arti-arti relief yang terpasang di Candi Prambanan.

"Kami jelaskan di penyusunan candi ada profesi pencari batu dan steller atau tukang setel batu. Profesi ini merupakan profesi langka dan menentukan dalam penyusunan sebuah candi," terang Manggarsari.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:



 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.