Sukses

Obama Tiba di Borobudur, Media Dilarang Mendekat

Kedatangan Obama berkunjung ke Candi Borobudur menyebabkan pengamanan di sekitar kompleks candi mendapat pengamanan ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Rombongan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama tiba di Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017) sore.

Pantauan Liputan6.com, kedatangan Obama di Candi Borobudur mendapat pengawalan yang cukup ketat dari petugas keamanan. Iring-iringan mobil yang membawa Obama tersebut tiba di Candi Borobudur sekitar pukul 16.35 WIB.

Obama tampak naik mobil Toyota Land Cruisser berwarna hitam. Rombongan Presiden ke-44 AS tersebut masuk di Candi Borobudur melalui pintu Pos Kenari yang merupakan pintu masuk khusus tamu VVIP.

Kedatangan Obama menyebabkan pengamanan di sekitar kompleks candi mendapat pengamanan ketat. Sejumlah petugas kepolisian dari satuan Brimob dengan senjata laras panjang tampak berjaga di sekitar pintu masuk candi.

Sementara itu, para awak media dilarang mendekat ke lokasi Candi Borobudur. Mereka hanya diperbolehkan meliput dari luar pintu masuk Pos Kenari.

"Yang saya dengar kemarin saat rapat, untuk media dikasih jarak, artinya beliau (Barack Obama) ingin privasi. Itu yang menginginkan dari staf protokol mereka," kata Dandim 0705/Magelang, Letkol Hendra Purwanasari.

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipadati Pengunjung

Pengunjung tetap diperbolehkan masuk ke Candi Borobudur meskipun mantan Presiden Amerika Serikat direncanakan akan datang ke candi Buddha tersebut.

Pantauan Liputan6.com, ribuan pengunjung terlihat memadati jalan menuju pintu masuk Candi Borobudur pada Rabu, 28 Juni 2017. Para pengunjung yang sebagian rombongan keluarga itu mengisi libur Lebaran dengan mendatangi Candi yang terletak di Magelang itu.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono mengatakan tidak ada penutupan dan kompleks candi tetap terbuka bagi pengunjung dan masyarakat umum. 

"Seperti biasa tidak ada penutupan karena ini juga masa libur Lebaran, jadi banyak pengunjung yang datang ke Candi Borobudur," kata dia di Candi Borobudur, Rabu, 28 Juni 2017.

Sementara itu, Dandim 0705/Magelang, Letkol Inf Hendra ‎Purwanasari mengatakan, berdasarkan hasil rapat pengamanan pihak protokoler, Obama tidak meminta adanya penutupan terhadap pengunjung masyarakat umum selama mengunjungi Borobudur.

"Kalau permintaan dari mereka sebenarnya tidak boleh ditutup, tetap buka seperti biasa untuk pengunjung umum," kata dia.

Meski demikian, dikatakan dia, berbagai opsi telah dilakukan untuk menyambut kedatangan Obama di Candi Borobudur. Bahkan, opsi untuk dibuka separuh untuk pengunjung umum dan Obama juga telah disiapkan.

"Semua opsi disiapkan, misal mau dibuka separo juga enggak apa-apa. Tapi keputusan opsi terakhirnya seperti apa kita belum tahu," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.