Sukses

Menhub Minta Operasi Truk Barang Ditunda 3 Juli

Hal ini merupakan strategi dari Kementerian Perhubungan untuk mengantisipasi kemacetan pada arus balik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi meminta truk angkut barang yang akan mulai beroperasi pada Kamis 29 Juni 2017, dapat menunda untuk beroperasi. Sebab, beroperasinya truk barang ini berbarengan dengan arus balik lebaran.

Ia mengatakan, truk angkut barang dapat kembali beroperasi pada Senin, 3 Juli 2017. Hal ini merupakan antisipasi kemacetan pada arus balik.

"Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Darat kan truk akan kembali beroperasi pada Kamis besok. Tapi telah dilakukan koordinasi antara Dirjen dengan sejumlah asosiasi di bawah Kadin untuk menunda keberangkatannya sampai hari Senin," ujar Budi Karya di posko Tol Brebes Timur Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017).

Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto menuturkan, Kemenhub juga telah koordinasi dengan Polri dan Korlantas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pada arus balik.

"Polri dan Korlantas mempunyai kewenangan diskresi terhadap giat truk angkut barang agar tidak stuck atau mengalihkan kendaraan untuk masuk ke kantong-kantong parkir yang cukup luas sementara waktu," jelas dia di lokasi.

Untuk mengantisipasi kemacetan karena mulai beroperasinya truk angkut barang, Pudji mengatakan, truk tersebut akan dikeluarkan ke arah Pantura sebelum masuk ke Tol Cikampek.

"(Truk) Sebelum masuk Tol Cikampek atau kendaraan kita keluarkan ke arah pantura, sehingga demikian arus balik tidak jadi stuck," tandas dia.

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.