Sukses

Tol Fungsional Gringsing-Brebes Beroperasi Lagi Besok

Sementara untuk malam hari, jalan darurat ini masih dapat dipergunakan pada arus balik. Namun, dengan penjagaan aparat kepolisian.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, jalan darurat Gringsing menuju Brebes, akan kembali beroperasi pada Kamis 29 Juni 2017 pagi pada arus balik lebaran.

"Jalan darurat dari arah Gringsing menuju ke Pemalang tersebut akan kembali dibuka pada jam 06.00 WIB besok pagi," ujar dia di posko Tol Brebes Timur Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017).

Budi Karya menjelaskan, jalan darurat arah timur menuju ke barat ini akan dibuka secara konservatif, yakni pada siang hari dengan kecepatan 60 km/jam.

"Kesepakatan kita dengan PU dan kepolisian, kita operasikan (jalan darurat) ini pada siang hari (untuk arus balik) dan kita batasi dengan kecepatan 60 km," ujar dia.

Sementara untuk malam hari, jalan darurat ini masih dapat dipergunakan. Namun, dengan penjagaan oleh aparat kepolisian.

"Ada suatu keadaan lalu lintas yang kapasitas jalan pantura padat maka jalur darurat akan dipakai, tapi polisi akan memantau pada malam hari," pungkas Budi Karya.

Kapolres Jawa Tengah AKBP Luthfi Sulistiawan menuturkan pembukaan kembali jalur darurat atau tol fungsional ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan volume kendaraan di arus balik.

"Ini merupakan strategi dari kepolisian untuk mengantisipasi kemacetan (arus balik) di jalur ini," tandas Luthfi.

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.