Sukses

Jejak Obama di Kota Yogyakarta

Barack Obama mendarat di Kota Gudeg dengan pesawat jet Gulfstream N50JE, Rabu sekitar pukul 12.30 WIB.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setelah berada di Bali sejak 23 Juni, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama melanjutkan liburan di Indonesia dengan mengunjungi Yogyakarta. Mulai Rabu 28 Juni hingga Jumat 30 Juni nanti, Obama akan berada di kota pelajar tersebut.

Presiden ke-44 AS itu mendarat di Kota Gudeg dengan pesawat jet Gulfstream N50JE Rabu sekitar pukul 12.30 WIB. Pesawat yang digunakan Obama dan keluarga parkir di sisi barat terminal B Bandara Adisutjipto, tepatnya di parkiran pesawat khusus militer.

Sebelumnya, Barack Obama dan rombongan meninggalkan Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai sekitar pukul 11.45 Wita.

Obama dan rombongan berangkat dari tempatnya menginap di Hotel Four Seasons Resort Bali di Sayan, Ubud, Gianyar, Bali pada pukul 10.45 Wita.

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, Pangdam lX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, dan Komandan Lanud Ngurah Rai. Kolonel Pnb Wayan Superman turut melepas kepergian Obama dan keluarga.

Kendaraan milik kepolisian mengawal rombongan mantan Presiden AS, Barrack Obama keluar dari Pangkalan Udara Adi Sucipto, Yogyakarta, Rabu (28/6). Rencananya, Barack Obama akan berlibur ke candi Prambanan dan Borobudur. (LIputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Setibanya di Yogyakarta, Obama dan rombongan disambut sejumlah pejabat dari Lanud Adisutjipto, TNI Angkatan Darat, dan Pemda DIY.

"Saat ini rombongan Barack Obama sudah meninggalkan base ops Lanud Adisutjipto dengan menggunakan mobil," ujar Agus Pandu Purnama, GM PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adisutjipto, Rabu 28 Juni 2017.

Ia menjelaskan, kedatangan pesawat jet carter Barack Obama dan keluarga tidak mengganggu penerbangan sipil.

"Semua lancar, hanya ada satu maskapai yang akan terbang, yakni Air Asia, ketika pesawat Obama hendak mendarat," ucap Pandu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nostalgia

Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengunjungi Yogyakarta usai berlibur di Bali. Barry, panggilan Barack Obama waktu kecil, sering berkunjung ke Yogyakarta saat libur panjang menggunakan kereta api dari Jakarta.

Barry biasa berkunjung ke rumah paman tirinya Prof Dr Iman Sutiknjo, Dekan Fisipol UGM di Bulaksumur, Blok D7, Caturtunggal, Depok, Sleman. Istri Dr Iman Sutiknjo merupakan kakak dari Dr Soetoro yang tidak lain adalah ayah tiri Barack Obama.

"Ketika Obama kecil tahun 1967-1971, itu sekolahnya kan di Menteng, Jakarta, dan kalau libur panjang selalu menghabiskan liburannya di Bulaksumur Blok D7 karena ibu dari Dr Soetoro atau Neneknya Obama tinggal di rumah Blok D7," ujar salah satu pendiri sekaligus pengelola Museum UGM, Widodo, Selasa 27 Juni 2017.

Widodo menceritakan, Ann Dunham, ibu Obama, saat itu menjadi staf peneliti di Pusat Studi Kependudukan UGM yang dipimpin oleh Masri Singarimbun. Biasanya Obama datang ke Yogyakarta saat libur sekolah.

Obama menginap di salah satu ruangan di rumah ini. Kemudian ruangan yang diberi nama ruangan Barry ini kemudian diabadikan menjadi salah satu museum. Rumah dan bangunan hingga saat ini masih dipertahankan seperti aslinya dan menjadi museum UGM.

Tempat tidur yang sering dipakai Barack Obama saat berkunjung ke Yogyakarta 9Liputan6.com/Yanuar H)

Obama biasanya menginap di kamar kerja Imam Sutiknjo. Saat Obama ke Yogyakarta, ruang kerja yang dipenuhi buku-buku itu diubah menjadi kamar tidur Obama bersama ayah tiri dan ibunya.

"Semuanya masih seperti aslinya. Termasuk letak meja dan kursi kerja Imam Sutiknjo yang kamar kerjanya dijadikan tempat menginap Obama semasa liburan," papar Widodo.

Widodo menambahkan, Museum UGM ini menyimpan beberapa benda Barack Obama semasa kecil, seperti tempat tidur, koper, dan kursi yang biasa digunakan Obama. Tempat tidur yang digunakan waktu itu juga masih asli. Tempat tidur itu dulunya biasa digunakan Obama tidur bersama ayah tirinya Dr Soetoro dan ibu kandungnya Dr Ann Dunham.

"Tempat tidurnya ada dua. Tetapi yang satu masih berada di Semarang dan belum diambil. Tempat tidur itu dulunya menghadap ke arah barat," ucap Widodo.

Widodo menjelaskan selain tempat tidur, ada sebuah kursi berwarna putih yang biasa digunakan Obama kecil duduk. Kursi itu dulunya berada di beranda rumah, tapi saat ini diletakkan di dalam ruang tamu. Lalu masih ada koper milik Obama. Saat datang ke rumah ini Obama punya kebiasaan menaruh koper di sebelah selatan kamar.

"Sebenarnya ada juga mainan Obama waktu kecil. Bentuknya kotak-kotak dan terbuat dari kayu. Sayangnya mainan itu sekarang rusak," jelas Widodo.

3 dari 3 halaman

Kunjungi Candi Borobudur

Rombongan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama tiba di Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah pada Rabu sore, 28 Juni 2017.

Pantauan Liputan6.com, kedatangan Obama di Candi Borobudur mendapat pengawalan yang cukup ketat dari petugas keamanan. Iring-iringan mobil yang membawa Obama tersebut tiba di Candi Borobudur sekitar jam 16.35 WIB.

Obama tampak naik mobil Toyota Land Cruisser berwarna hitam. Rombongan mantan Presiden Amerika Serikat masuk di Candi Borobudur melalui pintu Pos Kenari yang merupakan pintu masuk khusus tamu VVIP.

Kedatangan Obama ke Candi Borobudur menyebabkan pengamanan di sekitar komplek candi mendapat pengamanan yang ketat. Sejumlah petugas polisi dari satuan Brimob dengan senjata laras panjang tampak berjaga di sekitar pintu masuk candi.

Sementara itu, para awak media dilarang mendekat ke lokasi Candi Borobudur. Mereka hanya diperbolehkan meliput dari luar pintu masuk Pos Kenari.

 "Yang saya dengar kemarin saat rapat, untuk media dikasih jarak, artinya beliau ingin privasi. Itu yang menginginkan dari staf protokol mereka," kata Dandim 0705/Magelang, Letkol Hendra Purwanasari.

Sebanyak 250 personel gabungan dari TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama di Candi Borobudur.

Sejumlah petugas keamanan baik TNI dan Polri terlihat hilir mudik melintasi pintu gerbang 7 yang menjadi akses masuk tamu VVIP dan VIP di komplek Candi Borobudur, Rabu, 28 Juni 2017.

Petugas kepolisian bersiaga di sepanjang jalur yang dilalui rombongan Barack Obama menuju Base Ops Lanud Ngurah Rai, Bali, Rabu (28/6). Obama dan keluarga meninggalkan Bali untuk melanjutkan liburan ke Yogyakarta. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tak hanya itu, dua petugas Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) juga terlihat mendatangi Kantor Unit Taman Wisata Candi Borobudur yang bersebelahan dengan Hotel Manohara untuk melakukan koordinasi.

Dandim 0705/Magelang, Letkol Inf Hendra Purwanasari menyebutkan jumlah personel dari TNI dan Polri untuk menjaga keamanan kedatangan Obama mencapai 250 personel. Pasukan gabungan tersebut juga ada dari Kodam IV Diponegoro dan Brimob.

"Jumlah personel itu hanya dilakukan untuk pengamanan di kawasan Candi Borobudur, sedangkan penjagaan di sepanjang jalan di luar jumlah itu," kata Hendra.

Untuk menyambut kedatangan Obama, lanjut dia, petugas Paspampres sebelumnya sudah melakukan pengecekan di Candi Borobudur. Untuk penempatan personel di candi juga sudah ditentukan posisinya.

"Paspampres telah melakukan pengecekan serta floating personel di candi," ujar dia.

Tetap Buka

Candi Prambanan dan Borobudur tetap dibuka untuk umum sekalipun Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah itu.

"Protokol Obama meminta tertutup dari media dan hanya kunjungan biasa bukan kunjungan kenegaraan," ujar Kasubdiv Humas dan Protokol PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Candi Ratu Boko, Dewi Krisnawati, Rabu (28/6/2017).

Oleh karena itu, kata dia, tak ada persiapan khusus dari pihak PT TWC.

"Kami selalu siap menerima kunjungan VIP maupun non-VIP," kata Dewi.

Mengingat bukan kunjungan resmi kenegaraan, jadwal pelesiran Obama ke Yogyakarta pun masih berubah-ubah. Semula ia berencana mengunjungi Candi Prambanan, Borobudur, Tebing Breksi, dan Keraton Yogyakarta. Namun, kabar terakhir yang diperoleh, Obama membatalkan kunjungan ke Tebing Breksi dan Keraton Yogyakarta.

Kunjungan ke Indonesia ini merupakan kali pertama bagi Obama setelah tak lagi menjabat di Gedung Putih. Ia akan datang bersama sang istri, Michelle Obama, serta kedua anaknya yang belum pernah berkunjung ke Indonesia, Malia dan Natasha.

Barack Obama tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Jumat 23 Juni 2017. Pesawat jet carter Gulfstream N50JE yang ditumpangi Presiden Amerika Serikat ke-44 itu mendarat di Bali pukul 18.52 Wita.

Rangkaian 'mudik' Obama ke Indonesia akan ditutup dengan menjadi pembicara dalam kongres diaspora di Jakarta, 1 Juli mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.