Sukses

Amankan Obama di Borobudur, 250 Personel TNI-Polri Dikerahkan

Paspampres juga terlihat mendatangi Kantor Unit Taman Wisata Candi Borobudur yang akan dijadikan tempat berlibur Obama dan rombongan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 250 personel gabungan dari TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama di Candi Borobudur.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah petugas keamanan baik TNI dan Polri terlihat hilir mudik melintasi pintu gerbang 7 yang menjadi akses masuk tamu VVIP dan VIP di kompleks Candi Borobudur, Rabu, 28 Juni 2017.

Tak hanya itu, dua petugas Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) juga terlihat mendatangi Kantor Unit Taman Wisata Candi Borobudur yang bersebelahan dengan Hotel Manohara untuk melakukan koordinasi.

Dandim 0705/Magelang, Letkol Inf Hendra Purwanasari menyebutkan jumlah personel dari TNI dan Polri untuk menjaga keamanan kedatangan Obama mencapai 250 personel. Pasukan gabungan tersebut juga ada dari Kodam IV Diponegoro dan Brimob.

"Jumlah personel itu hanya dilakukan untuk pengamanan di kawasan Candi Borobudur, sedangkan penjagaan di sepanjang jalan di luar jumlah itu," kata dia di kompleks Candi Borobudur, Rabu (28/6/2017).

Untuk menyambut kedatangan Obama, lanjut dia, petugas Paspampres sudah melakukan pengecekan di Candi Borobudur. Untuk penempatan personel di candi juga sudah ditentukan posisinya.

"Paspampres telah melakukan pengecekan serta floating personel di candi," ujar dia.

Hanya saja, ketika disinggung mengenai jadwal kedatangan, Hendra tidak bisa menyebutkan waktu pastinya. Namun, semua persiapan telah dilakukan untu‎k pengamanan kedatangan Obama.

"Kalau waktunya masih tentatif jadi belum bisa memastikan jadwal pastinya," kata dia. 

  

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.