Sukses

Akan Dikunjungi Obama, Candi Borobudur Tetap Dibuka untuk Umum

Jadwal pelesiran Obama ke Yogyakarta pun masih berubah-ubah.

Liputan6.com, Jakarta - Candi Prambanan dan Borobudur tetap dibuka untuk umum sekalipun Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama berencana mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah itu. Barack Obama dijadwalkan berkunjung ke Yogyakarya pada 28-30 Juni. Kunjungan dalam rangka liburan ini bersifat tertutup.

"Kedatangan Obama masih tentatif dan seandainya berkunjung, protokol Obama meminta tertutup dari media dan hanya kunjungan biasa bukan kunjungan kenegaraan," ujar Kasubdiv Humas dan Protokol PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Candi Ratu Boko, Dewi Krisnawati, Rabu (28/6/2017).

Oleh karena itu, kata dia, tak ada persiapan khusus dari pihak PT TWC.

"Kami selalu siap menerima kunjungan VIP maupun non-VIP," kata Dewi.

Barack Obama dan keluarga akan tiba di Base Ops Lanud Adisutjipto siang ini. Berdasarkan informasi yang dihimpun, mereka akan menginap di Hotel Tentrem Yogyakarta serta beberapa hotel lain yang disiapkan sebagai alternatif menginap.

Mengingat bukan kunjungan resmi kenegaraan, jadwal pelesiran Obama ke Yogyakarta pun masih berubah-ubah. Semula ia berencana mengunjungi Candi Prambanan, Borobudur, Tebing Breksi, dan Keraton Yogyakarta. Namun, kabar terakhir yang diperoleh, Obama membatalkan kunjungan ke Tebing Breksi dan Keraton Yogyakarta.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.