Sukses

Status Gunung Soputan Naik Jadi Waspada

Warga diminta mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan.

Liputan6.com, Ratahan - Masyarakat diminta tidak beraktivitas di dalam radius 1,5 kilometer dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-barat daya sejauh 2,5 kilometer.

Gunung setinggi 1.809 yang berada di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara dan Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, itu naik status menjadi Level 2 atau Waspada.

"Radius yang kami sampaikan itu merupakan daerah bukaan kawah. Warga tidak boleh berada di sana untuk menghindari ancaman lelehan lava dan awan panas guguran," ungkap Asep, petugas pengamatan Gunung Soputan, Rabu (28/06/2017).

Dia juga mengingatkan warga untuk mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

"Bahkan jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan," tegas dia.

Sementara itu, visualisasi gunung masih jelas hingga berkabut. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 100 m di atas kawah puncak.

"Untuk saat ini tidak boleh ada aktivitas pendakian," pungkas Asep.


Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.