Sukses

Kongres Diaspora Indonesia Akan Beri Penghargaan untuk Jokowi

Setelah menerima Award ini, Presiden Joko Widodo diharapkan akan membuka Kongres Diaspora Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kongres Diaspora Indonesia akan berlangsung di Jakarta pada 1-4 Juli 2014. Perhelatan itu akan menganugerahkan Award for Meritorious Leadership kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Surat pemberitahuan mengenai penganugerahan penghargaan diaspora kepada Presiden Jokowi ini sudah disampaikan kepada kantor Presiden dan telah diinformasikan kepada Kementerian Luar Negeri.

"Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi diaspora yang tinggi atas perhatian dan dedikasi Presiden Joko Widodo yang sangat besar terhadap diaspora Indonesia," kata Ketua Indonesian Diaspora Network (IDN) Qatar, Ali Musthofa dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (27/6/2017).

Sementara tokoh diaspora dari Los Angeles, Butce Lie menilai, penghargaan tersebut memang layak diberikan kepada Jokowi. Presiden ke-7 RI tersebut dianggap sebagai sosok yang gigih menyinergikan diaspora dan Tanah Air Indonesia.

"Award ini juga diberikan atas upaya Presiden Joko Widodo yang gigih untuk menciptakan sinergi antara diaspora dan tanah air Indonesia yang merupakan tema besar Kongres tahun ini", ujar dia.

Selain itu, ungkapan dukungan juga disampaikan oleh ketua IDN Tiongkok Profesor Yenni Thamrin. Dia menjelaskan bahwa Joko Widodo merupakan Presiden yang sangat pro-diaspora. Dalam setiap kunjungan ke luar negeri, dia selalu memiliki perhatian khusus untuk bertemu diaspora di manapun.

"Beliau juga selalu mengimbau agar diaspora Indonesia dapat lebih berkontribusi untuk tanah air," ujar dia.

Ketua IDN Filipina Said Zaidansyah juga menjelaskan award ini rencananya ditandatangani secara sukarela oleh para wakil chapter IDN -- baik chapter kota maupun negara -- yang akan menghadiri Kongres ke-4 Diaspora Indonesia di Jakarta.

Setelah menerima Award ini, Presiden Joko Widodo diharapkan akan membuka kongres ke-4 Diaspora.

Ketua Board of Trustee IDN Global Dino Pattu Djalal menyebutkan Kongres yang akan dimulai dengan Konvensi publik ini bakal menjadi perhelatan diaspora Indonesia terbesar dalam sejarah. Sampai kini, sudah 9.000 orang yang terdaftar dari dalam dan luar negeri.

Kongres Diaspora Indonesia merupakan perhelatan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh Indonesian Diaspora Network Global. Jaringan ini dibentuk saat kongres Diaspora Indonesia pertama di Los Angeles tahun 2012 lalu.

Kongres ini bertemakan 'Bersinergi Bangun Negeri'. Kongres ini akan dihadiri masyarakat Indonesia dari seluruh Dunia untuk membahas berbagai isu ekonomi, sosial dan budaya, dengan tujuan meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia di tanah air maupun di luar negeri.

 

 

 

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.