Sukses

Terminal Pulogebang Bersiap Sambut Arus Balik Pemudik

Pudji juga mengimbau jajarannya agar menyediakan angkutan sambungan supaya para pemudik bisa sampai ke alamatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubdar Kemenhub) Pudji Hartanto meninjau kesiapan arus mudik dan arus balik Lebaran di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur.

Pudji mengatakan, peninjauan dilakukan karena Terminal Pulogebang menjadi salah satu terminal yang akan menerima pemudik pada arus balik Lebaran.

"Pagi ini saya melaksanakan kunjungan ke Terminal Pulogebang, karena Terminal Pulogebang ini adalah salah satu terminal kebanggaan kita," ujar Pudji di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Selasa (27/6/2017).

"Yang jelas akan menerima arus balik saudara-saudara kita yang tengah melakukan Lebaran dan mudik. Untuk itu, kita bersiap-siap," dia melanjutkan.

Selain itu, kata Pudji, Terminal Pulogebang juga masih mempersiapkan pemudik yang baru berkesempatan mudik usai Lebaran. Sebab, pihaknya tetap bertanggung jawab pada setiap keselamatan penumpang.

"Tetap konsen, di mana tanggung jawab pemerintah terhadap kelaikan jalan kendaraan itu nomor satu, karena apa? Paling tidak, salah satu faktor penyebab kecelakaan faktor laik jalan tidak memenuhi standar," kata dia.

"Ramp check kita laksanakan terus, tidak ada istilah berhenti, sampai terus yang tidak ada stikernya kita lakukan ramp check. Walaupun sudah lolos uji KIR dan sebagainya, kita laksanakan ramp check," Pudji menambahkan.

Selain itu, Pudji juga mengimbau jajarannya agar menyediakan angkutan-angkutan sambungan atau integrasi, agar para pemudik bisa sampai ke alamat rumahnya.

"Kedua, kaitan masalah kesiapan-kesiapan karena menerima arus balik. Tolong nanti bus-bus yang untuk lintas integrasinya disiapkan, angkot, dan sebagainya. Jangan sampai telantar dia (pemudik) sudah sampai di sini selamat, tapi enggak ada kendaraan yang untuk ke alamat tinggalnya," kata dia.

Selain itu, kata Pudji, pengamanan di Terminal Pulogebang jelang arus balik Lebaran juga harus diperhatikan.

"Kita sudah masuk persiapan pengamanan arus balik, arus mudik sudah lewat. Kemudian ditambah kemarin ada kegiatan pariwisata, silaturahmi, rekreasi, dan sebagainya. Nah, kita mulai hari ini sudah landai, persiapan untuk arus balik," Pudji menandaskan.

Sebelum menggelar konferensi pers, Pudji bersama Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko sempat berkeliling, mengecek kesiapan Terminal Pulogebang jelang arus balik Lebaran.

 

 

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.