Sukses

Exit Tol Ciperna Padat, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya

Hari kedua Lebaran, Senin (26/6/2017), lalu lintas di Simpang Tiga exit Tol Ciperna juga terpantau padat.

Liputan6.com, Cirebon - Kepadatan arus lalu lintas tidak hanya terjadi di ruas Palimanan Tol Cipali saja. Pada hari kedua Lebaran, Senin (26/6/2017), lalu lintas di Simpang Tiga exit Tol Ciperna juga terpantau padat.

Kepadatan didominasi kendaraan dari arah Cirebon menuju Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. "Padat tapi roda masih berputar. Mereka yang ke arah Kuningan untuk berwisata maupun yang masih melakukan mudik Lebaran," kata Wakapolres Cirebon Kompol Wadi Sa'Bani.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, sejumlah kendaraan baik pribadi, bus, hingga bak terbuka memadati kawasan Ciperna, Cirebon. Polisi pun melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Polisi melakukan penyempitan jalan dari semula empat lajur menjadi dua hingga satu lajur di depannya. "Penyempitan menyebabkan antrean cukup panjang namun roda masih tetap berputar," kata Wadi.

Dia mengatakan, di simpang tiga exit Tol Ciperna dilakukan pemotongan arus. Kendaraan yang melaju dari Kabupaten Kuningan menuju Cirebon dibelokkan sedikit 200 meter memutar balik ke arah tol Ciperna, Cirebon.

Untuk kendaraan keluar dari Tol Ciperna yang akan ke Kuningan tidak langsung menuju ke simpang tiga lampu merah, tetapi dibelokkan ke kiri arah Cirebon kemudian putar balik ke arah Ciperna.

"Di persimpangan tiga exit tol Ciperna, dari Cirebon menuju tol, dari pintu keluar tol menuju Kuningan atau dari Kuningan menuju Cirebon menjadi kendala tersendiri. Rekayasa lalu lintas agar tidak ada pemotongan arus atau crossing di simpang tiga dan kendaraan tidak macet dan berhenti," jelas Wadi.

Dia mengatakan, kepadatan arus di Simpang Tiga Exit Tol Ciperna mulai terjadi sejak pagi pukul 08.00 WIB. "Rekayasa lalu lintas lihat situasi dan kondisi kalau memang yang arah ke Kuningan masih ramai dan padat akan terus dilakukan rekayasa," Wadi memungkasi.







Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.