Sukses

Ribuan Warga Wasior Butuh Obat dan Makanan

Ribuan pengungsi korban banjir bandang di Kota Wasior, Papua Barat masih bertahan di pengungsian. Masing-masing menempati rumah warga, dataran tinggi, dan masjid.

Liputan6.com, Teluk Wondama: Hingga Jumat (8/10), ribuan pengungsi korban banjir bandang di Kota Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat masih bertahan di pengungsian. Menurut Asisten Dua Kabupaten Teluk Wondama Yan Akwan sampai sekarang bantuan yang sangat dibutuhkan para pengungsi adalah tenda, bahan makanan, dan obat-obatan.

Mereka menempati sejumlah titik aman di antaranya dataran tinggi, sekolah, dan rumah warga serta masjid. Satu di antaranya di belakang bukit dekat Bandar Udara Wargono Wasior. Ratusan pengungsi tidur di tenda darurat secara swadaya beralaskan terpal dan tikar. Mereka juga menggunakan sisa-sisa peralatan dapur untuk memasak.

Para pengungsi mengonsumsi bantuan bahan makanan dari posko bencana dan memanfaatkan sejumlah hasil alam. Di antaranya pisang dan ubi.

Sementara bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat rencananya tiba hari ini melalui Manokwari. Bantuan yang dibawa adalah 12 ton bahan makanan serta dua ton obat-obatan. Semua bantuan ditampung di posko pengungsian bencana Wasior depan Bandara Wargono.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.