Sukses

Polda Metro Minta FPI Pusatkan Takbiran di Petamburan

Selain berpotensi memiliki kerawanan gangguan Kamtibmas, kegiatan takbir keliling juga dikhawatirkan akan ditunggangi teroris.

Liputan6.com, Jakarta - Ormas Front Pembela Islam (FPI) berencana menggelar takbir keliling pada malam Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah. Mereka akan keliling Ibu Kota dengan titik kumpul di Markas FPI di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Menanggapi rencana itu, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana mengimbau agar massa FPI cukup melakukan takbiran di masjid-masjid atau musala di kawasan Petamburan. Sebab, kegiatan takbir keliling disinyalir berpotensi memiliki sejumlah kerawanan.

Apalagi, sambung Suntana, syiar Islam tidak harus dilakukan di jalanan. Kegiatan tersebut dianggap lebih banyak manfaatnya jika dilakukan di tempat-tempat ibadah.

"Takbir keliling tak usah dilakukan, syiar Islam bisa dimanfaatkan untuk memakmurkan masjid. Bersalawat, berzikir, dan bertakbir di tempatnya masing-masing," ujar Suntana di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (24/6/2017).

Selain berpotensi memiliki kerawanan gangguan Kamtibmas, kegiatan takbir keliling juga dikhawatirkan akan ditunggangi oleh kelompok-kelompok tertentu menebarkan teror.

"Sekali lagi kami sampaikan, jangan gelar takbir keliling karena dikhawatirkan mengganggu Kamtibmas dan akan dimanfaatkan orang tententu, misalnya ancaman teroris," tuturnya.

"Kami mohon pengertiannya, kalau mau takbiran, silahkan takbiran di masjid Petamburan. Seluruh masyarakat tak perlu melakukan takbir di jalan, sebagaimana imbauan Gubernur DKI dan kepolisian," tandas Suntana.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.