Sukses

Menteri Rini: Arus Mudik Tahun Ini Lebih Lancar

Menteri BUMN Rini Soemarno menilai arus mudik 2017 lebih baik dari tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno menilai arus mudik 2017 lebih baik dari tahun lalu. Terutama, kata dia, di jalur Brebes Exit (Brexit) yang tahun lalu terjadi kemacetan parah.

Menurut dia, kepadatan pemudik hanya terjadi pada dua hari lalu. Jumlah pemudik saat itu berjumlah dua kali lipat dari 2016.

"H-3 dan jumlahnya dua kali lipat tahun lalu. Jadi memang saya sudah lihat kereta api, lalu kapal, lalu tol dan ternyata memang kenaikannya cukup besar dibandingkan tahun lalu, rata-rata di atas 30 persen," kata Rini Soemarno saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (24/6/2017).

Meski terjadi peningkatan 30 persen, arus mudik kali ini lebih lancar dan tertib. Rini mengatakan, ini berkat koordinasi yang baik antarberbagai lembaga.

"Karena komunikasi antar kementerian berjalan baik, Kemenhub, Kemen-PUPR, Kepolisian paling utama dan dengan pelayanan dari BUMB, kita dapat berikan pelayanan jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu," terang Rini.

Sementara, berdasarkan pantauan Liputan6.com, H-1 jelang Idul Fitri Pelabuhan Merak mulai sepi dari pemudik. Tidak ada antrean kendaraan maupun pemudik pejalan kaki di pelabuhan itu pada arus mudik hari ini.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.