Sukses

Jemaah An-Nadzir Berlebaran Hari Ini

Perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri dan hari raya lainnya antara jamaah An-Nadzir dan umat Islam lainnya sudah menjadi hal biasa.

Liputan6.com, Makassar - Ratusan jemaah An-Nadzir menggelar salat Idul Fitri pada Sabtu 24 Juni 2017 di Desa Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Hal itu diungkapkan pemimpin jemaah An-Nadzir, Ustad Lukman, saat dikonfirmasi Jumat, 23 Juni 2017 petang.

Lukman mengatakan, berdasarkan perhitungannya, 1 Syawal jatuh pada Sabtu 24 Juni 2017, hal itu berdasarkan pantauan alam yang jamaah An-Nadzir percayai.

"Iya Sabtu (hari ini) kami sudah Lebaran. Jamaah akan melaksanakan salat Id di halaman kampung," kata Lukman.

Menurut Lukman, perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri dan hari raya lainnya antara jemaah An-Nadzir dan umat Islam pada umumnya sudah menjadi hal biasa.  

"Iya itu sudah biasa, kami punya cara sendiri untuk melihat tanda-tanda dari alam. Cara itu yang kami yakini dan kami terapkan selama ini," kata pimpinan jamaah yang identik dengan penampilan berwarna hitam itu.

Untuk diketahui, sidang isbat untuk penetapan Lebaran 2017 oleh Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam akan dilaksanakan Sabtu, 24 Juni 2017.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan memimpin langsung sidang isbat bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher.

Melalui mekanisme sidang isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia melaksanakan hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1438 Hijriah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.