Sukses

Gelar Mudik Gratis, Pemkab Sidoarjo Berangkatkan 1.375 Pemudik

Ada 25 bus yang disediakan untuk mengangkut pemudik ke berbagai tujuan di Jawa Timur.

Liputan6.com, Sidoarjo - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kembali menggelar Mudik Gratis Angkutan Lebaran 1438H/2017M. Ada 25 bus yang disediakan untuk mengangkut pemudik ke berbagai tujuan, seperti Banyuwangi, Ponorogo, Magetan, Jember, Trenggalek, Blitar dan Bojonegoro.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memberangkatkan para pemudik itu di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. Sebanyak 1.375 pemudik yang memanfaatkan mudik gratis berasal dari Pemkab Sidoarjo.

"Peminat mudik gratis tahun ini sangat banyak. Semua bus terisi penuh. Tidak ada tempat duduk yang kosong. Bahkan tahun ini banyak pemudik yang tidak dapat mendaftar menjadi peserta mudik gratis. Pasalnya Pemkab Sidoarjo hanya menyediakan 25 bus dengan total penumpang 1.375 orang," ujar Saiful di Sidoarjo, Jumat (23/6/2017).

Hal tersebut berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu Pemkab Sidoarjo juga menyediakan 25 bus namun pesertanya tidak penuh.

“Tahun lalu pemerintah juga menyediakan 25 bus tapi ada yang kosong, penumpangnya sekitar seribuan tapi sekarang semua bis penuh,” imbuh dia.

Untuk itu, Saiful meminta tahun depan ada penambahan bus. Kepada Dinas Perhubungan Sidoarjo diharapkan dapat mengakomodir semua peserta untuk menentukan berapa bus yang akan digunakan pada mudik gratis.

“Mudik gratis ini diperuntukkan kepada seluruh masyarakat Sidoarjo tanpa terkecuali,” ujar dia.

Saiful menjelaskan, dengan mudik gratis masyarakat Sidoarjo dapat pulang kampung dengan nyaman, aman, dan selamat sampai tujuan. Selain itu, juga akan mengurangi kepadatan lalu lintas.

"Bus yang digunakan telah dilakukan pengecekan kelayakan jalan dan sopir bus mudik gratis juga di cek kesehatannya. Dengan demikian peserta mudik dapat tenang sampai tujuan dengan mudik gratis seperti ini," ucap dia.

Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo Asrofi menambahkan, mudik gratis seperti ini untuk meminimalisir penggunaan kendaraan khususnya roda dua. Dengan begitu, akan mengurangi kemacetan serta kecelakaan lalu lintas.

"Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menyediakan angkutan balik lebaran. Peserta mudik dapat memanfaatkan bus yang disediakan di daerah tujuan masing-masing pemudik. Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur menyediakan 150 lebih bus untuk mengangkut balik pemudik di seluruh Jawa Timur," ujar Asrofi.

 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.