Sukses

H-2 Lebaran, Kendaraan di Tol Solo - Ngawi Meningkat 40 Persen

Jumlah mobil pemudik yang mengakses jalur tol tersebut mencapai 4.357 kendaraan.

Liputan6.com, Solo - Kendaraan roda empat yang melintasi jalur tol Solo-Ngawi mengalami peningkatan cukup signifikan pada Jumat 23 Juni 2017. Jumlah mobil pemudik yang mengakses jalur tol tersebut mencapai 4.357 kendaraan.

Kepala Satgas Lebaran PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), Farid Aziz mengatakan, jumlah kendaraan itu mengalami peningkatan sebesar 40 persen dibandingkan hari sebelumnya.

"Jumlah hari ini merupakan paling banyak dibandingkan pada hari-hari sebelumnya sejak jalan tol fungsional ini difungsikan," kata dia, Jumat malam, 23 Juni 2017.

Farid menyebutkan, total kendaraan yang mengakses jalan tol Solo-Ngawi pada hari ini mencapai 4.357 kendaraan. Dari jumlah itu, sebanyak 2.407 kendaraan masuk melalui pintu tol Klodran, sedangkan sisanya, sebanyak 1.950 kendaraan masuk via pintu masuk tol Ngasem.

"Untuk pintu tol Klodran merupakan pintu masuk bagi pemudik dari arah Yogyakarta dan Solo, sedangkan pintu tol Ngasem untuk kendaraan yang dari arah Semarang," jelas dia.

Farid mengakui belum bisa memprediksi kendaraan pemudik yang akan melintasi jalan tol Solo-Ngawi pada hari Sabtu besok atau H-1 Lebaran. Pasalnya, jam operasional jalur tol tersebut terbatas hanya pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

"Kalau jalur yang keluar dari Jakarta macet kemungkinan akan berdampak terhadap lonjakan kendaraan yang masuk ke tol Solo-Ngawi. Namun, kareana jam operasionalnya terbatas maka kami tidak berani memprediksi apakah jumlahnya meningkat atau tidak pada esok hari,‎" terang Farid.

Kendaraan yang masuk melalui pintu tol Ngasem dan Klodran, dikatakan dia, akan keluar melalui pintu tol di Sragen, Jawa Tengah dan Widodaren, Ngawi, Jawa Timur. Adanya jalan tol fungsional yang dioperasikan selama arus mudik ini menjadi alternatif bagi pemudik untuk tujuan Sragen maupun Jawa Timur.

"Kalau dari data tim satgas bahwa kendaraan yang keluar melalui pintu keluar tol Sragen mencapai 985 kendaraan dan di pintu keluar Widodaren ada 3372 kendaraan," sebut Farid.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.