Sukses

Demi Mudik Lebaran, Warga Tunggu 3 Jam Buru Tiket Pembatalan

Proses pembatalan tiket penumpang maupun pemudik dapat dilayani mulai pukul 06.45 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang digunakan masyarakat untuk mudik lebaran ke kampung halaman. Seperti Stasiun Pasar Senen yang sudah dipadati pemudik.

Beberapa dari mereka yang menunggu keberangkatan kereta, terdapat ada yang datang hanya untuk menunggu pembelian tiket dari pembatalan keberangkatan orang lain.

Rusmiyati warga Bekasi mengaku sudah sampai di Stasiun Pasar Senen pukul 12.30 WIB. Dia mengatakan sudah rutin setiap tahun mudik lebaran dengan membeli tiket pada keberangkatan hari itu juga.

"Emang udah rutin beli dadakan gitu, biasanya langsung aja. Data sisa tiket juga tertampang di layar monitor," ucap dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Jumat (23/6/2017).

Meski harus menunggu tak pasti, Rusmiyati yakin mendapatkan tiket untuk keberangkatannya ke Purwokerto. "Tadi banyak yang kosong, tapi saya butuhnya empat buat anak dan cucu. Kalau sabar pasti dapat kok tiketnya," ujar dia yakin.

Saat mudik lebaran tahun lalu, dia mengaku rela bolak-balik Bekasi-Jakarta untuk pembelian tiket pulang kampung.

"Enggak masalah, kalau dapat Alhamdulillah, kalau enggak pulang. Orang ada kok yang batalin tiket tiap harinya," papar Rusmiyati.

Senada dengannya, Esti Ruraningsih mengaku rela menunggu 3 jam untuk mendapatkan tiket keberangkatan ke Surabaya. Biasanya tiket pembatalan akan diumumkan 15 menit sebelum jam keberangkatan kereta.

"Sudah biasa, kemarin juga sebelum puasa udah ke sana. Udah pasti dapat, nanti 15 menit sebelum keberangkatan juga dijual sama petugas," tutur Esti.

Sedangkan seorang petugas pemberi kartu antrean pembatalan tiket mengungkapkan, untuk hari ini pihaknya sudah membagikan 700 nomor antrean. Proses pembatalan tiket penumpang maupun pemudik dapat dilayani mulai pukul 06.45 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

"Kalau enggak dapat nomor, mau enggak mau nungguin aja sampai nomor antrean selesai dipanggil," jelas dia.

 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.