Sukses

Menhub: Penutupan GT Cikarang Utama Hanya Sementara

Kemacetan tol Cikarang Utama lantaran pemudik menuju kampung halamannya keluar melalui jalur Pantura.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, penutupan Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama hanya sementara. Hal ini dikarenakan padatnya kendaraan yang menuju wilayah Jawa Barat hingga Jawa Timur.

"Saya pikir kalau Cikarang utama sifatnya temporer. Yang lebih kita perhatikan adalah setelah itu, daerah Cipali dan daerah jalan darurat atau fungsional," ujar Menhub Budi di Posko Pantauan Mudik Kementerian Perhubungan Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2017).

Budi menuturkan, kemacetan tol Cikarang Utama lantaran pemudik menuju kampung halamannya keluar melalui jalur Pantura.

"Memang kami dengar bahwa ada sedikit kemacetan di Cikarang Utama. Mereka (pemudik) cukup cerdik, keluar ke Pantura, setelah itu masuk lagi," jelas Menhub.

Penutupan sementara GT Cikarang Utama, kata Budi, adalah penilaian dari tim juri untuk memutuskan menutup pintu tol jika terjadi kepadatan. Juri ini ditunjuk oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Setiap gate itu di manajemen dengan suatu mekanisme, ada suatu maksimal tertentu yang ditolerir. Jumlah atau panjang antrean itu telah dikonsultasikan oleh juri yang sudah ditunjuk Kapolri," Budi menandaskan.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.