Sukses

Tol Cipali Diprediksi Masih Ramai Pemudik Arah Jawa Tengah

Manajemen LMS mengimbau seluruh pengguna jalan tol tidak memaksakan diri untuk memasuki rest area di jalan tol Cipali jika kondisinya penuh.

Liputan6.com, Jakarta - Meski ada penurunan volume kendaraan pemudik arah Jawa Tengah di Tol Cipali, diprediksi gelombang mudik masih terus ramai hingga malam ini.

"Volume kendaraan di siang ini berkurang dibanding siang kemarin, namun lebih tinggi dari pagi tadi. Kemungkinan arus lalu lintas yang mengarah ke Jawa Tengah masih akan terus berlangsung sepanjang hari ini mengingat hari ini dimulainya cuti bersama," ujar Wakil Presiden Direktur Lintas Marga Sedaya, Firdaus Azis, dalam keterangan tertulis, Jumat (23/6/2017).

Volume kendaraan Tol Cipali khususnya di Gerbang Tol (GT) Palimanan pada H-2 siang, Jumat 23 Juni 2017 hingga pukul 14.00 WIB berkurang 11% dari Kamis siang. Meski demikian jumlah ini 2,5 kali lipat dari volume lalu lintas di hari normal yang mencapai 10 ribu unit.

Kendaraan yang melintas di Tol Cipali di GT Palimanan (keluar dan masuk, arah Cirebon dan Jakarta) pada Jumat siang, 22 Juni 2017 pukul 14.00 WIB sebanyak 25.889 unit kendaraan. Jumlah ini berkurang 11% dari Kamis siang pukul 14.00 WIB yang mencapai 29.202 unit.

Manajemen LMS mengimbau seluruh pengguna jalan tol tidak memaksakan diri untuk memasuki rest area di jalan tol Cipali jika kondisinya sudah penuh. Pemudik diimbau mencari rest area berikutnya. Hal ini untuk mengantisipasi antrean panjang menjelang rest area.

Selain itu, LMS juga berharap pengemudi tidak terlalu lama berada di rest area agar dapat bergantian dengan pengemudi lainnya, sehingga tidak terjadi penumpukan.

"Jika memang rest area sudah penuh, pengemudi juga dapat keluar dari gerbang tol terdekat, mencari tempat istirahat di luar tol. Setelah itu, pengemudi bisa masuk kembali ke Tol Cipali, dan tarif tolnya jika ditotal dari awal masuk akan tetap sama jika dibandingkan dengan besaran tarif tol dari gerbang awal dan keluar di GT Palimanan," kata Direktur Operasional LMS Rinaldi.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.