Sukses

Cerita Pemudik Jakarta Kala Lintasi Brebes Timur-Gringsing Batang

Kemacetan parah di jalur pantura Brebes-Tegal pada H-2 Lebaran tahun 2016 diharapkan tak terjadi lagi pada 2017 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kasatlantas Polres Brebes AKP Arfan Zulkhan Sipayung mengatakan, pihaknya tetap bersiaga di seluruh jalur mudik di wilayah pantura, poros tengah, hingga ke jalur selatan.

"Laporan anggota yang tersebar di jalur mudik pos penjagaan, arus lalu lintas akan terkendali. Hanya ada beberapa titik simpul kemacetan karena aktivitas warga lokal seperti, pasar tumpah, penyeberangan jalan dan lainnya," beber dia di Brebes, Jumat (23/6/2017).

Di sisi lain, kemacetan parah di jalur pantura Brebes-Tegal pada H-2 Lebaran tahun 2016 lalu, diharapkan tak terjadi lagi pada 2017 ini. Sebab, arus kendaraan dari Jakarta khusus mobil pribadi diarahkan ke jalan darurat hingga exit di Gringsing Batang.

"Ya memang jalan daruratnya bergelombang dan berdebu tapi lancar, tapi kendaraannya padat dan harus sabar," ucap Mustofa (40), pemudik asal Jakarta tujuan Jember Jawa Timur saat berada di rest area Padan Arang Batang.

Ia menceritakan, situasi arus mudik Lebaran 2017 sangat berbeda dengan 2016.

"Tahun lalu berangkat mudik dua hari jelang Lebaran, tapi sudah saat Lebaran masih saja di jalan belum sampai rumah. Gila saja saya di Tol Pejagan-Brebes Timur hampir 24 jam," ungkap dia.

Riani (29) pemudik sepeda motor mengaku, belum ada kemacetan yang berarti saat melintas di sepanjang jalur pantura Brebes-Tegal. Hanya saja, arus lalu lintas tersendat di Kaligangsa perbatasan Brebes-Tegal.

"Kendaraan memang sudah padat tapi masih lancar sih perjalanannya tadi dari Cirebon sampai ke Tegal Kota," ucap Riani.

Sedangkan jajaran Satlantas Tegal Kota mengoptimalkan jalan lingkar Utara (jalingkut) pada mudik Lebaran 2017.

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.