Sukses

Antrean Panjang di Dermaga VI Pelabuhan Merak

Kepolisian memprediksi, sekitar 3 ribu sepeda motor mengantre di Dermaga VI Pelabuhan Merak, Banten.

Liputan6.com, Cilegon - Arus lalu lintas menuju Pelabuhan Merak Banten tersendat. Penyebabnya adalah penyempitan jalan, yakni pemisahan jalur antara sepeda motor menuju Dermaga VI dengan mobil menuju Dermaga I-V di Pelabuhan Merak.

"Itu memang sudah kita prediksi dan memang harus ada kanalisasi lajur antara roda dua ke dermaga enam dan roda empat. Agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas menuju pelabuhan," kata Kapolres Cilegon AKBP Raden Romdhon Natakusumah, Jumat (23/6/2017).

Berdasarkan prediksi kepolisian, sekitar 3 ribu sepeda motor mengantre di Dermaga VI untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Situasi terkini di dermaga enam yang memang khusus digunakan pemudik sepeda motor. Ini salah satu puncak arus mudik karena terisi penuh, maka ada sekitar 3 ribu sepeda motor yang mengantre," ungkap Raden.

Jika pemudik sepeda motor roda dua mengular sampai keluar Dermaga VI, maka sebagian pemudik akan diarahkan untuk menuju Dermaga I sampai V yang dijaga oleh 540 personel gabungan dari Polisi, TNI dan sekuriti ASDP.

"Kita juga kepolisian selain melakukan penjagaan juga memberikan pelayanan dan juga hiburan. Ada juga tempat menyusui, ganti popok," jelas Raden.

 

Pemudik mulai padati Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (21/6/2017). (Liputan6.com/Yandhi Delstama)

Keluhan Pemudik di Dermaga VI

Pemudik mengeluhkan lamanya antrean di Dermaga VI Pelabuhan Merak. Para pemudik yang telah menunggu masuk ke dalam kapal sejak pukul 01.00 WIB hingga pukul 03.30 WIB belum bisa masuk ke dalam kapal.

"Saya sampai sini jam 1 malam, sampai sekarang belum masuk ke kapal. Tadi ada satu kapal yang udah berangkat," kata Hendra, pemudik asal Tangerang dengan tujuan Tanjung Karang, Lampung, saat ditemui di Dermaga VI, Jumat (23/06/2017).

Sama halnya dengan Rian, pemudik dari Kota Cilegon dengan tujuan Bakauheni, Lampung ini menganggap wajar jika antrean mencapai lebih dari tiga jam untuk masuk ke dalam kapal.

"Wajarlah, ada sih di sini jam 1-an lah, sekarang sampai jam setengah 4. Pelayanannya biasa aja," kata Rian, saat ditemui di lokasi yang sama.

Dermaga VI Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, baru dioperasikan untuk arus mudik 2017 kali ini. Sebelumnya pada saat awal Ramadan, Menteri BUMN, Rini Soemarno pun sempat meninjau dermaga tersebut.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.