Sukses

Layanan AJIB, Kado Ulang Tahun ke-490 Jakarta untuk Warganya

Hari ini DKI Jakarta berusia 490 tahun, dan terus berbenah. Dari mulai mempercantik diri, hingga memperbaiki jasa pelayanan kepada warganya.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini Kota Jakarta berusia 490 tahun, dan terus berbenah. Dari mulai mempercantik diri, hingga memperbaiki jasa pelayanan kepada warganya. Salah satunya adalah layanan AJIB, Antar Jemput Izin Bermotor, yang memudahkan warga mengurus berbagai perizinan.

Seperti yang ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Kamis (22/6/2017), para pengendara sepeda motor ini adalah pasukan putih para petugas layanan ajib, singkatan dari antar jemput izin bermotor. AJIB ini merupakan program pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan layanan bagi warga yang akan mengurus perizinan.

Warga tidak perlu repot-repot datangi Kantor Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, BPTSP DKI Jakarta. 200 petugas kendaraan bermotor siap mengurus berbagai surat izin untuk warga.

Dengan AJIB, selain warga tak perlu lagi menempuh kemacetan Ibu Kota untuk mengurus berbagai perizinan. Tak perlu khawatir juga dengan praktik pungli maupun percaloan. Cukup gunakan layanan AJIB, yang bisa diunduh dari aplikasi di Google Play atau hubungi call centre dengan nomor, 1500-164.

Beroperasi sejak Januari 2016, AJIB sudah melayani lebih dari seratus ribu izin. Ada 9 bidang izin, dengan layanan 465 jenis.

Tak ada biaya apapun untuk menggunakan AJIB. Biaya hanya untuk izin yang memang mengenakan retribusi, itu pun disetorkan lewat rekening, tidak diberikan langsung pada petugas AJIB.

Tak hanya untuk per orangan, kini banyak perusahaan juga memanfaatkan jasa yang disediakan Pemprov DKI Jakarta ini. Hubungi call center 1500-164, bisa juga mengunduh aplikasi AJIB di gadget atau gawai Anda, untuk mengurus dokumen perizinan. Tanpa pungli, tanpa calo.