Sukses

Exit Tol Gringsing Mengular 3 Km, Polisi Terapkan Buka Tutup

Untuk mengatasinya, jajaran Kepolisian Resort Brebes menutup ruas tol fungsional Brebes Timur - Gringsing.

Liputan6.com, Brebes - Ribuan mobil pribadi dari arah Jakarta ke Semarang via tol fungsional menumpuk di ruas Tol Gringsing, Batang. Bahkan antrean kendaraan di exit tol fungsional di Gringsing mengular sepanjang 3 kilometer.

Untuk mengatasinya, jajaran Kepolisian Resort Brebes menutup ruas tol fungsional Brebes Timur - Gringsing.

"Penutupan tol fungsional ini untuk memberikan kesempatan bagi kendaraan pemudik agar keluar dari Tol Gringsing Batang terlebih dahulu. Karena di sana antrean mengular hingga 2 kilometer lebih," ucap Kapolres Brebes, AKBP Luthfie Sulistiawan, saat ditemui di pintu tol Brexit, Rabu (21/6/2017) sore.

Akibat penutupan tol fungsional itu, lanjut dia, arus pemudik dari arah Jakarta menuju Semarang dan Jawa Timur terpaksa dialihkan melalui exit Tol Pejagan, Brebes Barat dan Brebes Timur.

"Pengalihan arus kendaraan di tol ini dampak ditutupnya exit tol Kaligangsa atau ruas tol fungsional akibat adanya penumpukan kendaraan di Gringsing Batang," jelasnya.

Penutupan tol fungsional pun mengakibatkan kepadatan arus kendaraan di gerbang exit tol Brexit.

"Antisipasinya kami lakukan penarikan arus mulai dari gerbang tol hingga pertigaan Brexit. Untuk kemudian diarahkan melalui jalur pantura," kata dia.

Luthfi menjelaskannya, penutupan ruas tol fungsional dilakukan secara tentatif sesuai dengan koordinasi petugas di exit Tol Gringsing Batang.

"Penutupan ini juga untuk memberikan napas pada pemudik yang sudah ada di jalan tol agar keluar dulu. Yang jelas di Gringsing terjadi kepadatan, sehingga tol-tol sebelumnya mulai melakukan persiapan sampai dengan terakhir diputuskan Brexit dialihkan ke pantura. Kalau di sana sudah landai dibuka kembali," ungkapnya.

Kepadatan kendaraan tak hanya terjadi di wilayah Gringsing, tetapi para pemudik mengaku antrean panjang terjadi di setiap rest area yang ada di sepanjang ruas tol fungsional sepanjang 105 kilometer itu.

Berdasarkan dari data kepolisian, jumlah kendaraan yang keluar melalui Brexit pada Rabu dini hari hingga sore ini sekitar 20 ribu unit. Kemudian, yang keluar melalui exit Tol Kaligangsa mencapai 7.000 unit kendaraan.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.