Sukses

BNN dan Citilink Jalin Kerjasama Cegah Narkoba Jerat Awak Pesawat

BNN dan Citilink bekerjasama dalam program Pencegahan, Pemberantasan Penggunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama maskapai penerbangan Citilink Indonesia menandatangani nota kesepahaman atau MoU. Keduanya bekerjasama dalam program Pencegahan, Pemberantasan Penggunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kepala BNN Komjen Budi Waseso menyampaikan, menghadapi narkoba tidak hanya bisa diserahkan kepada BNN dan kepolisian saja. Sebab itu, BNN tentunya terus berupaya menjalin kerjasama dengan seluruh kekuatan yang ada, termasuk perusahaan penerbangan di Indonesia.

"Kita harus selain mengedukasi dan menyosialisasikan ke masyarakat, kita juga dapat mengantisipasi dengan memanfaatkan fasilitas maskapai baik swasta maupun BUMN. Kewaspadaan kita perlu kita bangun," tutur Budi Waseso di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Rabu (21/6/2017).

Pria yang akrab disapa Buwas itu menyebut, hal ini merupakan bagian dari pembelajaran dari kejadian sebelumnya. Termasuk adanya sejumlah awak pesawat yang kedapatan menggunakan zat adiktif berbahaya dan bahkan membahayakan penerbangan.

"Kita juga waspada agar narkoba juga tidak merebak ke personel awak. Kita belajar dari pengalaman yang lalu, dan jika serius maka tidak akan terjadi lagi di kemudian hari. Kita sepakat bekerjasama mewujudkan negara Indonesia bebas dari narkotika," jelas Buwas.

Dirut Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo menambahkan, bentuk penerapan dari kerjasama itu di antaranya memang dengan memberikan sosialisasi dan edukasi P4GN kepada para pengguna penerbangan Citilink dan awak pesawat secara keseluruhan.

"Kerjasama Citilink Indonesia dan BNN selanjutnya adalah upaya random check dengan salah satunya melakukan tes urine kepada seluruh karyawan Citilink. Kemudian kita koordinasi dengan BNN terkait peredaran narkoba melalui jalur udara. Terakhir kerjasama terhadap seluruh petugas yang berwenang," ujar Juliandra.

Juliandra berharap, kerjasama tersebut tidak berhenti di penandatanganan MoU saja. Usai Lebaran nanti, kedua belah pihak akan langsung melakukan koordinasi menyeluruh dan mengatur langkah dalam upaya pemberantasan narkoba.

"Tadi pagi saya bicara dengan tim baik BNN dan Citilink, setelah Lebaran kita akan langsung konsolidasi dan action plan apa yang dilakukan dan menentukan membuat event apa saja yang akan dilakukan bersama. Sehingga tidak berhenti di tandatangan saja tapi implementasi yang nyata," Juliandra menandaskan.




Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.