Sukses

Mahasiswa Tuntut Pendidikan Murah

Ratusan mahasiswa menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota Solo, Jawa Tengah. Mereka menuntut SBY mewujudkan pendidikan murah bagi rakyat.

Liputan6.com, Solo: Ratusan mahasiswa dari berbagai daerah yang tergabung dalam Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (4/10) kemarin. Mereka memprotes kapitalisme yang menyebabkan mahalnya biaya pendidikan di Indonesia, sehingga rakyat miskin tidak dapat mengakses pendidikan yang layak.

Mereka menuntut pemerintah SBY, agar mewujudkan pendidikan murah bagi seluruh rakyat dengan menghapuskan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Pendidikan. Menurut mereka, Undang-undang itu sangat tidak prorakyat.

Menurut mahasiswa, pemerintah seakan lepas tangan dalam pengelolaan pendidikan dan menyerahkannya kepada pihak kampus dan sekolah. Akibatnya, pihak penyelenggara pendidikan pun beramai-ramai mengeksploitasi anak didiknya demi keuntungan sebesar-besarnya.

Selain itu, menurut mereka, aksi ini juga dilakukan sebagai bentuk konsolidasi dan prakondisi untuk aksi besar-besaran mahasiswa Indonesia memperingati satu tahun masa jabatan Presiden SBY pertengahan Oktober mendatang. Selain di depan Balai Kota Solo, mereka juga menggelar aksi di komplek Bunderan Gladak.(CHR/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini