Sukses

Dinsos DKI: 614 PMKS Diamankan Selama Ramadan 2017

Untuk terus mengurangi jumlah PMKS, Dinsos DKI menerjunkan 425 personelnya.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Sosial DKI Jakarta mengatakan, jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) jalanan di DKI Jakarta selama Ramadan 1438 Hijriah atau 2017 menurun dari tahun sebelumnya. Dari data yang dimiliki, penurunan terjadi hingga 30 persen.

"Tahun ini dari awal hingga 24 Ramadan, sebanyak 614 orang PMKS berhasil kami jangkau dari jalanan, jika pada tahun lalu PMKS yang dijangkau selama Ramadan sekitar 1.319 orang," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrokhan dalam keterangannya pada Apel Gabungan bersama Dinas Perhubungan dan Satpol PP di lapangan parkir Dinsos DKI, Jalan Gunung Sahari II Nomor 6, Jakarta Pusat, Selasa (20/6/2017).

Menurut dia, hal ini terjadi dikarenakan sudah adanya pemetaan di lokasi rawan PMKS jalanan di DKI Jakarta.

"Kami telah memetakan daerah rawan PMKS. Mereka kini ada ke tempat umum seperti jembatan penyeberangan orang (JPO), pasar tradisional, tempat pemakaman umum (TPU), mal, perumahan penduduk, dan tempat keramaian lainnya," lanjut Masrokhan.

Oleh karena itu, guna terus mengurangi jumlah mereka, Dinsos DKI menerjunkan 425 orang yang tergabung dalam Satgas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S). Selain itu, adanya kerja sama dengan Satpol PP, diharap bisa lebih menertibkan PMKS jalanan.

Dalam apel gabungan kali ini, Kadinsos DKI Masrokhan berpesan kepada masyarakat untuk bisa membantu pengentasan PMKS jalanan dengan memberi sumbangan kepada lembaga tepercaya dan bukan kepada para PMKS yang justru tidak memberi manfaat lebih.

"Jika warga ingin memberi, bisa disalurkan kepada lembaga terpercaya dan akuntabel. Karena tentu kita ingin pemberian itu dapat bermanfaat untuk kehidupan mereka yang lebih baik," tutur Masrokhan.

 

 

 

 

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.