Sukses

Jelang Lebaran, Kantor Pos Cianjur Dipadati Penukar Uang Asing

Liputan6.com, Cianjur - Kantor Pos Kota Cianjur, Jawa Barat, yang berlokasi di Jalan Siti Zainab, sudah dipadati puluhan pengunjung sejak Selasa pagi. Suasana di kantor pos kali ini lebih ramai dibanding hari-hari sebelumnya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (20/6/2017), mereka adalah para nasabah kantor pos yang tengah antre menunggu giliran dipanggil petugas di bagian penukaran uang asing.

Pasalnya, sebagian besar pengantre adalah anggota keluarga tenaga kerja Indonesia (TKI) yang hendak menukarkan uang asing dengan rupiah. Kiriman terbesar berasal dari Timur Tengah, terutama Arab Saudi.

Pihak Kantor Pos Cianjur sudah biasa melayani penukaran uang asing sehingga tidak kewalahan saat terjadi lonjakan penukaran. Setiap tahun kiriman uang dari TKI di luar negeri mencapai Rp 63 miliar.

Tak hanya di Cianjur, aktivitas tempat penukaran uang asing di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, juga ramai didatangi nasabah. Sebagian besar menukarkan uang asing dari Timur Tengah dengan alasan untuk kebutuhan Lebaran.

Kiriman uang dari para TKI dari luar negeri jumlahnya memang tidak kecil dan perannya bukan lagi sekadar membantu anggota keluarga di Tanah Air. Uang kiriman para TKI itu juga mampu mendongkrak devisa secara signifikan, sehingga sudah sepatutnya nasib TKI di luar negeri mendapat perhatian serius.