Sukses

Ketua MUI Ma'ruf Amin: Indonesia Bukan Darul Islam

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menegaskan, Indonesia bukanlah negara Islam. Indonesia adalah negara yang lahir atas kesepakatan seluruh elemen bangsa.

"Negara Indonesia adalah darul suluh atau wilayah damai, darul ahdi atau wilayah kesepakatan. Indonesia bukan darul Islam, bukan negara Islam," ujar Ma'ruf Amin di Mabes TNI Cilangkap, Senin (19/6/2017).

Ma'ruf Amin mengingatkan, dulu para ulama dengan keikhlasan menerima penghapusan tujuh kata dalam Piagam Jakarta yang berbunyi, "Dengan Kewajiban Menjalankan Syariat Islam Bagi Pemeluk-pemeluknya".

Dengan penghapusan tujuh kata Piagam Jakarta itu Indonesia menjadi negara yang utuh, bersatu dan kondusif dalam bingkai Pancasila.

Dia menekankan Indonesia negara kesepakatan antarseluruh agama, di mana muslim dengan non-muslim saling berjanji untuk hidup secara damai, untuk saling mencintai dan menyayangi, dan saling menolong.

"Dengan Pancasila kita bisa bersatu," ujar dia seperti dilansir Antara.

Saat ini, kata Ma'ruf, sangat disayangkan adanya kelompok-kelompok radikal intoleran yang tidak memiliki komitmen kebangsaan dan kenegaraan.

Kelompok tersebut menurut dia, hanya menganggap alirannya saja yang benar. Oleh karena itu, Ma'ruf Amin mengajak seluruh elemen bangsa untuk bisa menjaga persatuan bangsa ini.

"Dengan bersatu saja masih sulit kita mewujudkan kesejahteraan, apalagi kalau kita tidak bersatu," Ma'ruf memungkas.








Saksikan video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Zulkifli Hasan Berharap MPR Senantiasa Amanah Dalam Bekerja
Artikel Selanjutnya
Gelar Dzikir Bersama, Zulkifli Hasan: Semoga MPR Makin Dipercaya