Sukses

Densus 88 Tangkap Jaringan Abu Jandal di Malang

Liputan6.com, Jakarta Tim Densus 88 Antiteror menangkap terduga teroris Syahrul Munif (SM), warga Jalan Wijaya RT 7 RW 3 Pagentan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terduga disebut bagian dari jaringan Abu Jandal, petinggi ISIS asal Indonesia.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, terduga pernah berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS pada kurun waktu 2013-2014.

"SM juga pernah mem-publish videonya di YouTube bersama lima orang lain. Mereka ini tergabung dalam kelompok Abu Jandal," kata Yade di Malang, Senin (19/9/2017).

Densus 88 sudah lebih dulu menangkap rekan-rekan SM lain yang pernah bersama-sama bergabung dengan ISIS. Hasil penggeledahan di rumah terduga, petugas menyita buku tabungan dan dokumen keberangkatan maupun kepulangan.

Berdasarkan pengakuan terduga, rute yang ditempuh saat itu adalah Surabaya-Jakarta-Malaysia-Turki. Sampai di Turki, mereka menempuh jalan darat menuju Suriah. Ada beberapa orang asal Malang yang disebut-sebut ikut berangkat bergabung dengan ISIS di Suriah.

"Diduga ada beberapa orang asal Malang yang berangkat ke Suriah. Sebagian di antaranya sudah diamankan dan ada yang diduga dua atau tiga orang meninggal saat berperang di Suriah," ujar Yade.

SM ditangkap di depan mulut gang tempat tinggalnya saat hendak bepergian naik motor. Berdasarkan keterangan warga setempat, puluhan petugas menangkap SM tanpa perlawanan.


Saksikan video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Pria Diduga Menyusup Mapolda Jateng Diamankan
Artikel Selanjutnya
Antisipasi Teror, Brimob Kawal Polantas di Tasikmalaya