Sukses

500 Bus Berangkatkan Pemudik Secara Gratis

Liputan6SCTV, Jakarta - Satu per satu bus yang hendak memberangkatkan peserta mudik gratis memasuki kawasan Taman Mini, Jakarta Timur. Ini adalah program mudik bareng yang tahun ini digelar Kementerian BUMN dengan melibatkan sejumlah BUMN.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (19/6/2017), hampir 500 bus disiapkan untuk membawa para pemudik menuju 84 kota, terutama untuk di Pulau Jawa dan Sumatera. Ada sekitar 120.000 pemudik yang diangkut. Sebagian besar dari mereka, tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Menteri BUMN Rini Sumarno, pemerintah berupaya memaksimalkan mudik gratis dengan memanfaatkan jasa kereta api. Namun, hingga saat ini PT Kereta Api Indonesia masih memiliki keterbatasan menyiapkan gerbong untuk membawa banyak pemudik berlebaran ke kampung halaman.

Acara mudik bareng dan gratis ini diharapkan dapat mengurangi arus mudik yang menggunakan sepeda motor. Sebab, sebagian besar peserta mudik gratis adalah mereka yang sebelumnya berencana pulang ke kampung halaman menggunakan sepeda motor.