Sukses

Dishub Tangerang Temukan 5 Bus AKAP Tak Laik Jalan

Liputan6.com, Tangerang - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang menemukan lima kendaraan bus yang tidak laik jalan dalam mudik Lebaran 2017. Mayoritas pemilik dan sopir bus tidak memperhatikan kerusakan kecil.

"Sejauh ini setelah melakukan tiga kali pengecekan, ada lima kendaraan bus yang tidak laik jalan. Belum lagi dari tim penguji lainnya, mungkin mereka menemukan juga," ujar penguji kendaraan bermotor Dishub Kota Tangerang, Jaya Rohmaja usai melakukan ramp check di Terminal Poris Plawad, Senin (19/6/2017).

Dia mengatakan, bus yang tak laik jalan meliputi kerusakan ringan namun berdampak fatal bila digunakan untuk jalan jauh. Seperti kerusakan lampu, lampu yang redup hingga ban yang sudah tak layak lagi.

Seperti bus Murni Jaya jurusan Tangerang-Labuan, bus yang memiliki plat nomor polisi A 7736 KL itu didapati salah satu baut bannya hilang dan lampu rem belakang redup.

"Tadi sudah kami peringatkan dan dinyatakan tidak laik. Armada itu tidak bisa berangkatkan sampai supir memperbaiki kendaraannya, untungnya mereka langsung berusaha memperbaiki di tempat, langsung dilihat oleh petugas" katanya.

Sementara sopir bus lain mengaku akan membeli lampu baru dan memasangnya sebelum berangkat ke daerah tujuan.