Sukses

Tips Menteri Yohana Agar Mudik Ramah Anak

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise meminta orangtua agar mengawasi anaknya saat mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise meminta orangtua agar mengawasi anaknya saat mudik. Imbauan itu agar anak terhindar dari penculikan.

"Modus kejahatan dan penculikan di tempat umum semakin banyak. Usahakan agar kita selalu menggandeng anak-anak agar tidak terlepas dari pengawasan," kata Yohana di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Yohana juga mengimbau orangtua untuk mengajari anak-anak agar berhati-hati dengan tawaran makanan, minuman, atau mainan dari orang yang tidak dikenal saat mudik. Selain itu, orangtua diminta memakaikan tanda pengenal pada anak-anak agar mudah dicari ketika terlepas dari pengawasan dan pastikan ada nomor kontak orangtua di saku pakaian anak-anak.

Seperti dilansir Antara, dia pun mengingatkan masyarakat agar membawa persiapan makanan, serta pakaian khusus anak-anak dan bayi untuk menjaga kenyamanan selama di perjalanan.

Kemudian, membawa uang secukupnya sesuai kebutuhan dan jangan membawa atau menggunakan perhiasan secara berlebihan, apalagi bagi anak-anak. Hal tersebut perlu dilakukan agar kaum perempuan dan anak-anak jauh dari incaran kejahatan dan penculikan.

Terkait keamanan dan keselamatan selama perjalanan mudik, Yohana mengimbau masyarakat agar selektif dalam memilih kendaraan yang aman dan nyaman, dan bagi para orangtua yang masih memiliki anak bayi atau balita agar tidak menggunakan sepeda motor.

"Mari kita gunakan kendaraan umum atau pribadi secara aman dan nyaman. Usahakan agar tidak membawa anak-anak yang masih bayi atau balita ketika menjalani mudik dalam perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena dikhawatirkan dapat melelahkan dan berisiko bagi kesehatan anak-anak kita," kata Yohana.







Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.