Sukses

Pemudik Antarpulau Padati Pelabuhan di Pare-Pare

Liputan6.com, Jakarta Para pemudik yang berlebaran ke kampung halaman sudah mulai memadati sejumlah pelabuhan antar-pulau. Di antaranya Pelabuhan Ajatappareng, Pare Pare, Sulawesi Selatan. Sekitar dua ribu pemudik bersiap-siap menaiki kapal motor bukit siguntang yang akan berlayar menuju berbagai pelabuhan di Kalimantan.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (19/6/2017), mereka mudik dengan tujuan Samarinda, Balikpapan dan bahkan nunukan, yang selama ini merantau ke Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Ajatappareng termasuk pelabuhan yang dipadati pemudik yang datang maupun meninggalkan Pare Pare. Dari data di pelabuhan, pemudik yang meninggalkan Pare-Pare mencapai 4.200 lebih, sedangkan yang datang sudah mencapai hampir 9 ribu penumpang.

Antusiasme mudik juga terlihat di beberapa agen penjualan tiket kapal laut di Jalan AM Sangaji Ambon, Maluku, Minggu malam. Di salah satu agen penjualan tiket sejumlah calon penumpang rela berebutan dan bahkan sempat saling dorong agar bisa mendapatkan tiket kapal laut yang akan membawa mereka berlebaran ke beberapa kota tujuan di Maluku dan Sulawesi. Bahkan sempat terjadi kemacetan di sekitar lokasi, karena ramainya calon pemudik yang hendak membeli tiket.

Tak hanya di Sulawesi dan Maluku. Pelabuhan penyeberangan antar-pulau di Merak Banten, juga sudah mulai ramai dipadati para pemudik yang hendak berlebaran ke Pulau Sumatera. Sebagian besar pemudik ini datang ke pelabuhan merak menggunakan angkutan umum, berupa bus dan kereta api. Diperkirakan puncak arus mudik di pelabuhan ini akan terjadi mulai Hari Kamis mendatang, seiring hari terakhir para pekerja dan pegawai masuk kantor.