Sukses


Ketua MPR : Gunakan Kedaulatan Rakyat Untuk Seleksi Pemimpin

"Sayangnya, kedaulatan itu seringkali tergadai oleh godaan sembako, sarung sampai money politik," ujar Ketua MPR, Zulkifli Hasan.

Liputan6.com, Jakarta Demokrasi mensyaratkan kedaulatan tertinggi berada di tangan rakyat. Memilih Pemimpin mulai Bupati, Gubernur sampai Presiden sepenuhnya berada di tangan rakyat

"Sayangnya, kedaulatan itu seringkali tergadai oleh godaan sembako, sarung sampai money politics. Sehingga pertimbangan memilih pemimpin hanya karena uang," ujar Zulkifli. 

Hal ini disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menyampaikan Pidato Kebangsaan di Universitas Lampung dalam rangkaian Seminar Pancasila, Jum'at (16/6/2017).

Zulkifli Hasan menegaskan kedaulatan rakyat harus digunakan sebaik baiknya untuk menyeleksi dan memilah pemimpin. 

"Jangan sampai terjebak pencitraan. Pilihlah pemimpin yang dekat sama rakyat, dekat sama mahasiswa serta pemimpin memiliki kapasitas dan integritas," imbuh Ketua MPR tersebut. 

Perbaikan demokrasi kata Zulkifli lagi, dimulai dari kesadaran masyarakat agar uang dan sembako serta godaan lainnya tidak mempengaruhi pilihan.

Ia berharap mahasiswa sebagai agen perubahan terlibat aktif melakukan pendidikan politik untuk rakyat. "Mahasiswa jangan berdiam diri. Turun ke tengah masyarakat dan berikan edukasu untuk memilih pemimpin," ujar Zulkifli. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini