Sukses

Kemenag Imbau Jemaah Haji Tak Bawa Rice Cooker dan Beras

Kementerian Agama menjamin semua makanan jemaah haji.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas Direktur Bina Haji Ditjen Pelayanan Haji dan Umrah Kementerian Agama Muhajirin Yanis menegaskan seluruh jemaah haji Indonesia akan dijamin soal makanan. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh jemaah haji untuk tidak membawa rice cooker atau alat memasak nasi.

"Karena kami telah menyiapkan katering, jemaah tidak perlu membawa rice cooker beserta beras," imbau Muhajirin di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat 16 Juni 2017.

Ia menyampaikan, pelaksanaan ibadah haji 2017 diupayakan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Evaluasi dan inovasi pun terus dilakukan hingga hal yang sangat detail, seperti barang bawaan jemaah Indonesia yang datang dari berbagai daerah.

Ia mencontohkan, ada saja barang bawaan jemaah yang sebetulnya tidak perlu disertakan, dan benda tersebut menjadi masalah termasuk rice cooker. Ia menceritakan, pelaksanaan tahun lalu ada jamaah calon haji membawa rice cooker hingga menyebabkan kebakaran.

"Jadi jemaah tersebut memasak di kamar. Sayangnya, rice cooker diletakkan di kasur. Karena ditinggal si jemaah beribadah dalam waktu yang cukup lama, maka terjadilah kebakaran," kata Muhajirin.


Saksikan video meraik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.