Sukses

Ketika Jurus Harimau Betina Picu Tawa Jokowi

Di Banyumas, Jokowi menyerahkan bantuan sosial nontunai PKH dan PMT.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan kepada masyarakat Banyumas, Jawa Tengah, tentang pentingnya gizi mulai dari dalam kandungan, usia balita, hingga anak-anak.

"Kenapa gizi sangat penting mulai dari kandungan, balita, sekolah, karena menyangkut kesehatan anak-anak, biar sehat. Akan pintar kalau gizi cukup," kata Jokowi di Alun-Alun Lama Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (16/6/2017).

Pada kesempatan itu, seperti dilansir Antara, Jokowi menyerahkan bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada masyarakat Banyumas.

Jokowi menekankan pentingnya pemenuhan gizi kepada ibu hamil, balita, dan anak. Sehingga selain diberikan biskuit, juga harus ada variasi menu lauk-pauk mulai dari ikan, daging, ayam, dan sayuran.

"Ini penting karena 10 tahun yang akan datang persaingan ketat sekali, anak-anak harus pintar. Persaingan antarnegara ketat sekali. Anak harus gizi baik, sehat, sehingga anak kita pintar. Saya titip itu," dia menuturkan.

Seperti biasa, Jokowi kemudian melempar kuis kepada masyarakat yang hadir dengan pertanyaan nama-nama ikan.

Seorang warga bernama Nuryati maju ke depan dan menjawab lima nama-nama ikan, dan kemudian mendapat hadiah sepeda dari Presiden.

Siswa SD kelas tiga bernama Sauki juga mendapatkan hadiah sepeda dari Jokowi, setelah melafalkan lima sila Pancasila dengan lancar.

Tak kalah menarik, ketika Jokowi menanyakan adanya warga yang bisa pencak silat. Maka seorang warga bernama Sulianingrum asal Banyumas pun maju ke depan.

Sulianingrum kemudian mempraktikkan beberapa jurus di hadapan Jokowi, lalu ia pun mendapatkan hadiah sepeda.

"Ini jurus apa namanya?" tanya Jokowi.

"Jurus pukulan," jawab Sulianingrum.

"Iya pukulan, namanya apa? Harimau buka jalan?" tanya Jokowi.

"Jurusnya harimau betina," jawabnya. Kontan Jokowi dan para hadirin tertawa.

Jokowi kemudian kembali menekankan pentingnya memberi gizi anak, agar sumber daya manusia (SDM) Indonesia ke depan semakin sehat, pintar, dan berdaya saing tinggi.

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

Saksikan video menarik berikut ini:


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.