Sukses

Pemerintah Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Naik 6 Persen

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia naik hingga 6% pada 2018.

Fokus, Jakarta - Dari analisis Komite Ekonomi dan Industri Negara (KEIN), untuk mendanai investasi pertumbuhan ekonomi hingga 6% dibutuhkan dana Rp 4.700 triliun, di mana pemerintah hanya dapat memberikan kontribusi sebesar Rp 350 triliun.

Sementara Rp 500 triliun dapat diandalkan dari Capex BUMN, serta kontribusi perbankan Indonesia senilai Rp 260 triliun. Bantuan terbesar yang dapat diandalkan berasal dari sektor riil atau swasta yang diperkirakan akan mencapai Rp 2.200 triliun.

Seperti yang ditayangkan Fokus Pagi, Jumat 16 Juni 2017, untuk itu Komite Ekonomi dan Industri Negara menilai pentingnya iklim usaha yang kondusif sehingga investor dapat berinvestasi dengan nyaman. KEIN juga mengingatkan perlunya stabilitas politik untuk mengurangi risiko negara atas kepercayaan investor dalam berinvestasi.

Selain pengembangan iklim usaha dalam negeri, momentum ekspor serta relasi dengan negara mitra mitra dagang utama Indonesia juga menjadi faktor yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.