Sukses

Rekam Jejak Tiket.com Jadi Pertimbangan Blibli untuk Akuisisi

Blibli.com melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi salah satu Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia, Tiket.com.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki semester dua tahun 2017, Blibli.com sebagai salah satu e-Commerce terbesar di Indonesia melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi pioneer sekaligus salah satu Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia, Tiket.com.

Penandatanganan oleh kedua belah pihak telah dilaksanakan Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com dan Gaery Undarsa selaku Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com pada Senin 12 Juni 2017 lalu di Jakarta. Pada kesempatan yang sama perusahaan sekaligus mengangkat George Hendrata sebagai CEO Tiket.com yang baru.

Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com, Kusumo Martanto mengatakan rekam jejak Tiket.com dan visi-misi yang mengutamakan kepuasan pelanggan menjadi salah satu pertimbangan mengakuisisi Tiket.com.

“Tiket.com memiliki track record bisnis yang bagus dimana dalam waktu relatif singkat tumbuh menjadi salah satu OTA terbesar di Indonesia, sama-sama berfokus pada kepuasan pelanggan dan dinilai konsisten dalam menjalankan bisnisnya. Di sisi lain kami juga melihat visi misi dan nilai perusahaan Tiket.com memiliki banyak kesamaan dengan Blibli.com yang diharapkan dapat memudahkan proses sinergi. Berdasarkan pertimbangan inilah kami mantap untuk melakukan akuisisi,” jelas Kusumo.

Gaery Undarsa selaku Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com memaparkan mengenai akuisisi dengan Blibli.com

Tiket.com saat ini merupakan salah satu OTA yang memiliki inventaris terbesar untuk produk tiket, pesawat, hotel, kereta api, car rental serta tiket konser, bekerjasama dengan lebih dari 35 maskapai penerbangan internasional dan domestik, dan bekerjasama dengan dengan ribuan hotel domestik dan internasional.

Sedangkan Blibli yang pada akhir tahun 2016 lalu meluncurkan Blibli Travel, saat ini telah memiliki lebih dari 1.000 varian produk travel seperti tiket kereta api, voucher hotel hingga tiket hiburan dan lifestyle. Dengan adanya akuisisi ini tentunya akan menjadikan Blibli.com sebagai sebuah group perusahaan e-Commerce dengan pelayanan one-stop shop dan juga memberikan manfaat lebih bagi para pelanggan.

Lebih lanjut, Kusumo menegaskan Blibli.com akan memberikan dukungan penuh untuk Tiket.com baik dari sisi share inventory, program penjualan, promosi termasuk penetrasi ke sosial media, serta memperkuat tim atau sumber daya manusia.

“Blibli.com optimis dari sisi bisnis akan terjadi pertumbuhan secara organik dan non-organik sebanyak 2,5 kali pada semester dua tahun ini,” Jelas Kusumo mengenai target yang ingin dicapai pada semester dua tahun ini. Kusumo juga menjelaskan bahwa pendanaan akuisisi ini diambil dari sumber dana internal untuk pengembangan bisnis Blibli.com.

Gaery Undarsa selaku Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com menyambut dengan penuh semangat aksi korporasi yang dilakukan Blibli.com

"Melihat potensi kedepannya dan banyaknya kesamaan dalam culture & visi bisnis, kami sangat bersemangat untuk bergabung dalam keluarga Blibli.com,” ujar Gaery Undarsa.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini