Sukses

Mendagri Beri Penghargaan 21 Kepala Daerah Inspirator

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan saat ini dibutuhkan kepala daerah yang dapat transparan mengelola keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada 21 kepala daerah, yang menjadi inspirator pembangunan daerah.

Salah satu indikator kepala daerah inspirator adalah, transparansi anggaran dan inovasi terhadap kebijakan otonomi daerah.

Tjahjo mengatakan saat ini dibutuhkan kepala daerah yang dapat transparan dalam mengelola keuangan. Karena itu, dia mengapresiasi kepala daerah yang telah berinovasi menjalankan otonomi daerah.

"Kami sangat apresiasi karena ini potret keuangan daerah," ujar Tjahjo di Kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2017).

Menurut Tjahjo, saat ini masih banyak daerah kesulitan menerapkan transparansi anggaran, karena masih banyak intervensi dari pusat.

"Jujur, masih banyak intervensi baik pusat maupun daerah, dalam konteks membangun modal keuangan daerah yang transparan," ujar dia.

Penilaian daerah dilakukan Pusat Kajian Keuangan Negara (Pusaka Negara). Adapun 21 kepala daerah yang mendapat penghargaan atas inovasinya yaitu Syahrul Yasin Linpo (Sulsel), M Zainul Majdi (NTB), Sahbirin Noor (Kalsel), Awang Faroek (Kaltim).

Kemudian, Irianto Lambrie (Kaltara), Longki Djonggala (Sulteng), Maximilliam J Lomban (Bitung), Ahyat Abduh (Mataram), Hidayat (Palu), Tri Rismaharini (Surabaya), Herwin Yatim (Banggai), Nurdin Abdullah (Bantaeng), Amirudin Roug (Buol).

Lalu, AA Gde Agung (Gianyar), Rita Widyasari (Kutai), Fauzan Khalid (Lombok Barat), Suhaili Fadli (Lombok Tengah), Anwar Hafid (Morowali), Saiful Ilah (Sidoarjo), Ni Putu Eka (Tabanan), Mardani H Maminh (Tanah Bumbu).

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.