Sukses

KPK Kembali Panggil Gamawan Fauzi Terkait Korupsi e-KTP

Nama Gamawan Fauzi kerap disebut dalam sidang perkara e-KTP yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun itu.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi terkait perkara korupsi proyek e-KTP.

Gamawan akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas perkara Andi Agustinus alias Andi Narogong.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AA (Andi Agustinus)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (15/6/2017).

Nama Gamawan Fauzi kerap disebut dalam sidang perkara yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun. Sebagai Mendagri pada saat itu, andil Gamawan dalam proyek e-KTP cukup besar.

Disebutkan pula dalam dakwaan terhadap dua anak buahnya, Irman dan Sugiharto, Gamawan menerima aliran dana sejumlah USD 4,5 juta dan Rp 50 juta dari hasil bancakan proyek tesebut.

Dalam perkara ini, Jaksa KPK telah mendakwa mantan Pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto. Keduanya didakwa melakukan korupsi e-KTP dan merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Sedangkan Andi Narogong merupakan tersangka ketiga dalam perkara ini. Andi diduga sebagai aktor utama bancakan proyek senilai Rp 5,9 triliun.

Perkara ini juga menyerat Politikus Hanura Miryam S Haryani sebagai tersangka pemberian keterangan palsu. KPK juga menjerat Politikus Golkar Markus Nari sebagai tersangka yang menghalang-halangi proses penyidikan dan persidangan kasus e-KTP.

 

 

 

 

 



Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.