Sukses

Dari Silat hingga Kaus Kaki Bolong, Cara Dapatkan Sepeda Jokowi

Tak hanya saat blusukan, ritual bagi-bagi sepeda rupanya diterapkan Jokowi saat buka puasa bersama wartawan di Istana Kepresidenan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar buka puasa bersama dengan wartawan Istana Kepresidenan. Ritual bagi-bagi sepeda rupanya diterapkan juga kepada wartawan.

Kuis Sepeda Jokowi dimulai jelang penghujung acara. Mensesneg Pratikno membuka dengan memberitahukan sudah ada lima sepeda yang disiapkan.

"Di sana sudah ada sepeda yang disiapkan. Tapi untuk kunjungan kerja besok. Tidak untuk hari ini. Jadi siapkan diri," kata Pratikno di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 14 Juni 2017.

Jokowi kemudian berdiri dari tempat duduknya dan mengambil alih kuis. Ajudannya lalu memberikan beberapa lembar kertas. Jokowi sempat melihat-lihat isi kertas itu.

"Pertanyaannya apa ya? Ya sudah karena Pak Mensesneg sudah sampaikan. Itu saja, sebutkan 10 nama ikan tawar dan asin selain ikan tongkol," kata Jokowi.

Seorang wartawan media cetak maju dan menjawab tantangan Jokowi itu. Dia sempat kesulitan menjawab ketika baru menyebutkan enam nama ikan.

"Dikira gampang. Kalau sudah di depan jadi susah," imbuh Jokowi.

Akhirnya pria berkaca mata itu berhasil menuntaskan tantangan. Sebuah sepeda fixie pun berhasil dibawa pulang. Jokowi kembali kebingungan harus memberi tantangan apa. Sampai akhirnya, dia meminta wartawan yang bisa pencak silat untuk tampil ke depan.

"Siapa yang bisa silat? Perempuan. Maju," ucap Jokowi.

Seorang reporter televisi langsung maju. Dia diminta naik  ke atas panggung dan menampilkan beberapa gerakan dasar pencak silat yang pernah dipelajarinya.

Melihat itu, Jokowi hanya tersenyum sambil geleng kepala. Dia rupanya belum pernah melihat gerakan silat seperti yang ditampilkan sang wartawati.

"Silat apa itu. Jurus dasar? Enggak ngerti saya. Saya tahunya Cimande gitu. Ya sudah ambil sepedanya," kata Jokowi.

Presiden ketujuh itu semakin kehabisan akal memberi tantangan pada wartawan. Dia lalu meminta wartawan yang kaus kakinya bolong untuk maju  ke depan. Tak ayal tantangan tak biasa ini mengundak gelak tawa dari hadirin.

Tantangan itu disambut oleh seorang wartawan. Dengan cepat dia maju ke sisi kanan Jokowi.

"Coba buka sepatunya benar enggak bolong," tutur Jokowi.

Sang wartawan kemudian sibuk membuka salah satu sepatunya. Dia tak ragu menunjukkan kaus kaki bolong ke hadapan Jokowi.

"Wah benar ini bolong. Ya sudah ambil sepedanya," ucap Jokowi.

Kehabisan akal mencari tantangan unik, Jokowi kembali mengajukan pertanyaan seputar Pancasila dan provinsi di Indonesia. Dua wartawan berhasil menjawab pertanyaan dan berhak atas sepeda Jokowi.

 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.