Sukses

Polri Batasi Jumlah Kendaraan di Tol Fungsional Surabaya - Solo

Nantinya, tol fungsional ini akan dibuka satu arah dari Surabaya dan dibuka dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Liputan6.com, Surabaya - Sejumlah ruas tol dari Surabaya ke arah Solo masih dalam tahap penyelesaian. Misalnya di ruas Tol Mojokerto-Kertosono dan Kertosono-Solo. Namun, ruas tol tersebut tetap akan dibuka secara fungsional pada musim mudik Lebaran mendatang.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan, pihaknya akan membatasi jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol fungsional tersebut.

"Iya betul, pasti akan jadi kemacetan bila semua kendaraan lewat sini," kata Royke saat meninjau pembangunan ruas Tol Surabaya-Solo, Jawa Timur, Rabu (14/6/2017).

Ada berbagai macam pertimbangan yang menjadi alasan dibatasinya kendaraan masuk ke tol fungsional tersebut. Di antaranya masih dibatasinya jam operasional tol, kemudian belum terpasangnya lampu penerangan jalan dan rambu lalu lintas, serta kontur jalan yang masih belum sempurna.

Untuk mengatasi hal itu, Royke mengatakan, pihaknya akan menempatkan sejumlah personel kepolisian yang akan mengatur arus lalu lintas di persimpangan jalan.

"Pada hari H nanti, di jalan-jalan tikus, jalan-jalan kampung, jalan-jalan lokal, akan ada petugas polisi lokal yang menempati pos. Akan dibagi karena tidak semua kendaraan lewat tol fungsional ini," ucap Royke.

Nantinya, tol fungsional ini akan dibuka satu arah dari Surabaya dan dibuka dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

"Iya one way, pada saat arus mudik jadi Surabaya keluar. Jadi kiblatnya ada di Surabaya," ujar dia.

Untuk rest area sepanjang tol tersebut, sudah disiapkan dua rest area sementara di Mojokerto-Kertosono KM 8 dan di wilayah Temblang, Jombang.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.